visitaaponce.com

Masyarakat yang Puas Kinerja Jokowi, Mayoritas Dukung Erick Thohir Cawapres

Masyarakat yang Puas Kinerja Jokowi, Mayoritas Dukung Erick Thohir Cawapres
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja bersama Komisi VI DPR(ANTARA FOTO/Aprillio Akbar )

KEPUASAN masyarakat dalam kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) berimbas positif terhadap para sosok pemimpin di sekelilingnya. Imbas positif ini dirasakan oleh Menteri BUMN Erick Thohir yang merupakan menteri andalan dan kepercayaan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Berdasarkan hasil temuan terbaru dari lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Erick Thohir merupakan cawapres terkuat saat ini dengan elektabilitas tertinggi. Eks Presiden Inter Milan ini terekam memiliki elektabilitas sebesar 15,5 persen sebagai cawapres dan bertengger di posisi pertama dalam bursa Pilpres 2024 mendatang.

Setelah ditelusuri lebih dalam dari hasil survei Indikator, Erick Thohir juga mendapatkan dukungan dari masyarakat yang merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Terekam mayoritas masyarakat yang puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi mendukung Erick Thohir.

Baca juga: Survei: Etnis Betawi dan Jawa Favoritkan Erick Jadi Cawapres 2024

Dari total keseluruhan, Erick Thohir mendapatkan dukungan paling besar di antara kandidat lainnya yakni di angka 16,2 persen. Sedangkan di belakang Ketum PSSI tersebut terdapat Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dengan total dukungan sebesar 15,0 persen.

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin menjelaskan elektabilitas yang dimiliki oleh Erick Thohir terekam tengah melonjak naik. Berbanding terbalik dengan pesaingnya yakni Ridwan Kamil yang juga politisi Golkar ini.

Baca juga: Survei Indikator: NasDem Masuk Lima Besar Partai Pilihan di DPR

Burhanuddin menjelaskan elektabilitas cawapres Erick Thohir terekam naik lantaran keberhasilannya di dunia sepak bola yang telah berhasil memenangkan medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023 kemarin. Keberhasilan ini mengakhiri puasa medali emas Indonesia di ajang SEA Games dalam 32 tahun terakhir.

“Erick Thohir mengalami kenaikan elektabilitas menjadi 15,5 persen dan memuncaki klasemen cawapres,” terang Burhanuddin saat menjelaskan hasil temuan survei terbaru Indikator Politik Indonesia bertema ‘Saling Salip Elektabilitas Capres Cawapres Jelang Pemilu 2024’, yang diakses Senin (5/6).

“Menjelaskan Erick Thohir seperti stating the obvious atau menjelaskan yang sudah jelas yakni karena momentum medali emas sepak bola Indonesia,” imbuhnya.

Di samping itu, di dalam pemerintahan Indonesia Erick Thohir juga berhasil membantu pemerintah membantu masyarakat. Seperti halnya menggalakkan program penggerak ekonomi seperti KUR, Mekar dan Makmur yang berhasil mempertahankan ekonomi masyarakat akar rumput di tengah pandemi covid-19.

Karenanya, tak heran jika kinerja apik pemerintahan Presiden Jokowi ikut berdampak terhadap elektabilitas cawapres dari Erick Thohir yang merupakan salah satu menteri di kabinet Indonesia Maju. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat