visitaaponce.com

Survei Etnis Betawi dan Jawa Favoritkan Erick Jadi Cawapres 2024

Survei: Etnis Betawi dan Jawa Favoritkan Erick Jadi Cawapres 2024
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI), Burhanuddin Muhtadi.(MI/Rommy Pujianto)

SURVEI terbaru yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) mengerucut pada satu nama kuat pada sektor calon wakil presiden (cawapres). Nama itu adalah Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir. 

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI), Burhanuddin Muhtadi, mengatakan jika Erick Thohir secara etnis unggul di beberapa suku. Seperti Jawa dan Betawi, dengan masing-masing angka mencapai 17,2 dan 25,8. 

“Erick Thohir memang mengalami kenaikan elektabilitas sedangkan Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno elektabilitasnya tengah turun,” kata Burhanuddin Muhtadi dalam rilis secara daring. 

Baca juga: Ganjar Terbuka PAN Usulkan Erick Thohir Cawapres

Lebih lanjut, menurut survei demografi dan wilayah dengan etnis Betawi, Erick Thohir unggul di DKI dengan nilai 29,8 dan Banten dengan skor 24,0.

Sementara itu, untuk Jawa, Ketua Umum (Ketum) PSSI tersebut unggul di Jawa Tengah/DIY dengan perolehan angka sebesar 16,8. Adapun untuk Jawa Timur, Erick Thohir masih harus bekerja keras untuk menyalip perolehan angka Mohammad Mahfud MD yang mengantongi skor 25,2. 

Baca juga: Erick Thohir Akan Perkuat Basis Pemilih Prabowo

Kendati demikian, IPI secara menyeluruh melakukan riset mendalam dengan pertanyaan “jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang ibu/bapak anggap paling pantas sebagai calon wakil presiden?”.

Hasilnya mengukuhkan nama Erick Thohir di urutan teratas, dengan 15,5 disusul Ridwan Kamil dengan 15,4. 

Baca juga: Erick Thohir Cawapres Unggulan Representasikan Suara NU

Lebih lanjut, Burhanuddin juga menyebut jika merunut pada data demografi dan wilayah, basis pendukung Erick Thohir tumbuh besar di perkotaan. Selain itu, Erick Thohir juga melesat jauh di Sumatera. 

Kemudian, untuk wilayah lain, Erick Thohir unggul tipis dari Ridwan Kamil. Di antaranya di wilayah Jawa Tengah/DIY, dimana mayoritas menginginkan Erick Thohir menjadi cawapres yakni sebesar 16,8. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat