visitaaponce.com

Tim SAR Berhasil Evakuasi Turis Asal India yang Jatuh ke Jurang di Bali

Tim SAR Berhasil Evakuasi Turis Asal India yang Jatuh ke Jurang di Bali
DS (tengah), WNA asal India dievakuasi akibat tergelincir di Diamond Beach, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Minggu (2/7).(MI/ARNOLDUS DHAE)

SEORANG turis dari India berinisial DS harus dievakuasi dari kedalaman tebing di Pantai Diamond Nusa Penida, Bali, Minggu (2/7). DS dievakusi karena tergelincir dan jatuh ke jurang hingga Pantai Diamond Beach Nusa Penida. Akibat tergelincir dan jatuh ke dalam jurang tersebut, DS mengalami dislokasi pada kaki bagian kanan hingga tidak bisa berjalan atau berdiri.

Setela berjuang sejak sore hari, petugas SAR akhirnya bisa mengevakuasi DS pada malam hari. Koordinator Unit Siaga Tim
SAR Nusa Penida Cakra Negara saat dikonfirmasi mengungkapkan timnya harus mempersiapkan berbagai rencana evakuasi sebelum terjun ke jurang.

Berdasarkan laporan dari pemandu wisata di lokasi, korban disebutkan turun ke jurang untuk mencapai pantai. "Ketika melewati tangga bagian bawah, korban terpeleset, kemudian korban tergelincir sampai bawah," terang Cakra Negara.

Baca juga: Jembatan Pelabuhan Nusa Penida Siap Digunakan Lagi

Dewa Willi, Basarnas Bali, memberangkatkan 5 personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida. "Akses dari laut tidak memungkinkan karena cuaca sedang tidak bersahabat dan gelombang di Pantai Diamond sangat ekstrem," ungkapnya.

Evakuasi dilakukan secara manual dan tidak menggunakan RIB melalui jalur laut. Mereka turun ke bawah dan membawa peralatan medis untuk pertolongan awal pada cedera korban. Proses evakuasi sempat terkendala akses jalan menuju korban terjal dan licin.

Baca juga: Wisatawan Jatuh dari Tebing 40 M di Nusa Penida Berhasil Diselamatkan

Akhirnya tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi DS dengan kondisi selamat. Selanjutnya DS dibawa dengan menggunakan ambulans menuju Klinik Nusa Medica untuk mendaptkan perawatan lebih lanjut.

Selama upaya penyelamatan, turut terlibat Basarnas Bali (Unit Siaga SAR Nusa Penida), Polsek Nusa Penida, Koramil Nusa Penida, Pengelola Diamond Beach Nusa Penida, Tim Ambulance Clinik Nusa Medica. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat