visitaaponce.com

Wisata Nusa Penida Bali, Destinasi Incaran Wisatawan Asing

Wisata Nusa Penida Bali, Destinasi Incaran Wisatawan Asing
Nusa Penida Bali(wikipedia)

Nusa Penida merupakan destinasi terbaik di Bali dengan sejumlah keindahan yang memukau. Foto berupa batu berbentuk “T-REX” (dinosaurus ikonik) yang berseliweran di media sosial hanyalah secuil dari sebongkah keindahannya. 

Ada banyak sekali hal menarik dan seru yang bisa kamu nikmati, membuat pengalaman jalan-jalan ke sini semakin istimewa dan tidak terlupakan.

Hal tersebut pun terdengar hingga ke luar negeri, yang kemudian membuat Nusa Penida menjadi buruan wisatawan asing dari berbagai negara. 

Baca juga : Candi Prambanan: Keseruan, Info Penting dan Tips Wisata

Lantas, apa yang menarik dari tempat ini sampai berhasil menarik hati warga internasional berdatangan? Akan kami bahas selengkapnya dalam ulasan berikut yang akan menjadi alasan bagi kamu bahwa tempat ini memang worth it untuk dikunjungi.

Mengenal Nusa Penida

Di sebelah tenggara yang masih menjadi bagian dari Bali, terpisah sebuah pulau kecil bernama Nusa Penida. Sebuah pulau yang terkenal akan pemandangan pantainya yang memukau dan penjelajahan alamnya yang menantang.

Lautan hijau selalu berhasil menjadi umpan gurih bagi wisatawan yang tidak bisa lepas dari pandangan. Belum lagi soal fakta, tersimpan kehidupan bawah laut yang luar biasa ala “Finding Nemo”.

Baca juga : 14 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Kamu Kunjungi

Tidak hanya kaya akan keindahan alam, Nusa Penida juga merupakan destinasi yang kaya akan budaya sejarah dan spiritualitas Bali. Ada banyak pura, dan tak jarang warga setempat sedang melaksanakan acara keagamaan yang menarik untuk disaksikan.

Potensi besar yang dimiliki pulau ini sebagai tempat wisata, dibarengi dengan sejumlah fasilitas dan kemudahan akses yang dibangun. Membuat perjalanan senantiasa nyaman dan aman. Banyak juga hotel dibangun, disertai tempat-tempat kuliner khas yang memanjakan lidah dan perut. 

Merupakan sebuah paket petualangan yang seru, sehingga tidak heran jika pulau ini begitu diburu.

Baca juga : Pemilu 2024, Objek Wisata di Lembang Gratiskan Tiket Masuk Usai Mencoblos

Hidden Gems Terfavorit di Nusa Penida

Bicara soal tempat-tempat terfavorit di sini, cukup banyak jumlahnya. Semuanya dibalut oleh keindahan alam yang tidak henti-hentinya membuat kamu terpukau. 
Nah, berikut ini hidden gems di Nusa Penida yang selalu jadi incaran wisatawan.

1. Rumah Pohon

Rumah kayu yang terletak di atas tebing di desa Pejukutan ini tak pernah absen menjadi destinasi tujuan wisatawan. Tepatnya, terletak di atas tebing yang menghadap ke arah laut dengan pemandangan yang menakjubkan. 

Baca juga : Bali Lantik Satpol PP Khusus Pariwisata. Apa Tugasnya?

Lokasi Rumah Pohon sendiri berada di jarak 15 menit dengan berjalan kaki dari area parkiran. Sesampainya di sana, kamu bisa piknik sejenak menikmati keindahan alam. Kamu juga bisa menginap dengan membayar sejumlah uang. Hanya saja, ruangannya tidak terlalu besar.

2. Bukit Teletubies (BTT)

Bukit Teletubies merupakan alternatif selain berlibur ke pantai. Pemandangan perbukitan di tempat ini bak Negeri Teletubbies. Banyak rumput dan juga pepohonan dengan pemandangan alam yang indah.

Baca juga : Tiga Vila Hidden Gem Bali

Jika kamu juga berencana untuk ikut paket one day Nusa Penida dan melakukan trekking menuju Pantai Suwehan, lokasi ini akan terlewati. 

3. Pohon Angles (Angle’s Tree)

Di Nusa Penida, terdapat kolam di tengah lautan yang dikelilingi tebing bernama Angel’s Billabong. Kolamnya jernih sekali dan berkilauan saat terkena sinar matahari. 

Baca juga : 8 Atraksi Seru di Bali Bird Park, Cek Jadwal dan harga Tiketnya!

Di area tersebut, terdapat objek yang yang sering diminati wisatawan, yaitu pohon Angles, sebuah pohon tua yang telah mati namun masih tegap berdiri mengarah ke lautan.

Wisatawan bisa duduk bertengger di sana sembari berpose dan menikmati keindahan laut lepas yang luar biasa.

4. Paluang Cliff

Baca juga : Gelar Gathering 2023 di Bali, Kopnus Hadirkan Motivator James Gwee

Paluang Cliff adalah spot wisata dengan pemandangan tebing dan bebatuan yang kokoh. Tak ketinggalan, panorama laut yang memukau pun bisa kamu saksikan dari sini. 
Sebelum menikmati keindahan tersebut, kamu harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan sekaligus menyenangkan.

5. Kelingking Beach

Ini dia tempat paling terkenal sekaligus menjadi wajah Nusa Penida yang berseliweran di internet. Kelingkung merupakan bebatuan besar yang menghadap ke laut. Bebatuan tersebut tampak seperti punggung dinosaurus yang datang, seakan ingin meminum air laut. Bebatuan ini dikenal dengan sebutan “Teluk T-Rex”.

Baca juga : 16 Makanan Khas Bali yang Lezat dan Bikin Ngiler, Rugi Banget kalau Nggak Coba!

Pemandangannya begitu luar biasa dengan keberanian sebagai bayarannya, karena kamu harus turun ke pantai untuk mendapatkan view terbaik.

6. Broken Beach (Pasih Uug)

Runtuhnya sebagian tebing menciptakan Broken Beach berbentuk lingkaran. Lautlah yang menggali sebuah lengkungan di tengah objek wisata ini. Kamu akan mengerti begitu melihat amukan air yang menghantam bongkahan sampai membentuk lubang di tengah bongkahan tersebut.

Baca juga : Warga asal Italia Menjadi Pemandu Wisata di Bali

Tentu saja butuh waktu berabad-abad sampai terbentuk bagian tengah itu secara alami. Dan di sekitarnya, sangat mungkin bagi kamu melihat pari manta yang tengah berenang bebas. 

7. Angel’s Billabong

Keajaiban alam berikutnya tidak akan berhenti membuat kamu terpukau, dikenal dengan nama Angel’s Billabong. Angle artinya malaikat, dan billabong artinya sungai yang terjebak. Sementara makna dari penggunaan nama Angle Billabong ini yaitu sungai indah layaknya bidadari yang tersembunyi.

Baca juga : Tim SAR Cari 2 ABK yang Ceburkan Diri di Perairan Tanjung Benoa Bali

Airnya sangat jernih hingga kamu bisa melihat ikan-ikan kecil berenang bersama dengan lumut. Tidak sempat menyudahi pemandangan menggemaskan itu, pandangan kamu akan dipaksa menatap keindahan unik dinding batu yang mengelilingi kolam Angel's Billabong. 

Deburan ombak yang menghantam karang akan menambah dramatis suahasil sana foto kamu di sana.

8. Crystal Bay Beach

Baca juga : TMII Siap Manjakan Wisatawan dengan Wahana dan Atraksi Baru

Di sisi barat Pulau Nusa Penida, terdapat pantai yang dikenal dengan Crystal Bay. Pantainya sangat bagus dan berpasir putih. Selain berenang, wisatawan bisa melihat matahari terbenam dengan indahnya. 

Jangan terlena menghabiskan waktu dengan berleha-leha di pantai, tetapi cobalah snorkeling atau scuba diving untuk pengalaman yang lebih tak terlupakan.

Masih banyak hidden gems di luar daftar yang telah kami sebutkan, yang pastinya juga akan membuat kamu terpukau.

Baca juga : Sejumlah Satwa Dilibatkan dalam Upacara Bendera Hari Kemerdekaan di Bali Safari

Tips Berkunjung ke Nusa Penida

Berikut adalah beberapa tips yang berguna jika kamu berencana berkunjung ke Nusa Penida.

1. Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Keindahan Nusa Penida selalu bisa menarik hati banyak orang untuk buru-buru ke lokasi. Pastikan saja, kamu tidak ketinggalan sejumlah barang-barang penting berikut, seperti perlindungan matahari, sepatu petualang yang ringan dan nyaman, perlengkapan P3K, dan kamera ponsel yang bagus.

Baca juga : KPK Lelang Tanah dan Rumah Terpidana Korupsi Tanah Munjul di Bali

2. Menggunakan Jasa Travel Agent

Jika tidak ingin repot mengatur perjalanan sendiri, kamu bisa menggunakan jasa travel agent lokal yang menawarkan paket wisata ke Nusa Penida. Ragam paket yang ditawarkan menyesuaikan kebutuhan kamu, mencakup kebutuhan transportasi, akomodasi hingga tour di sekitar pulau.

3. Perhatikan Setiap Langkah

Baca juga : Basarnas Berhasil Evakuasi WN India yang Tewas Terseret Arus di Diamond Beach Bali

Perjalanan menuju beberapa objek wisata memukau Nusa Penida cukup memacu adrenalin. Perhatikan setiap langkah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama saat sedang berada di tempat-tempat curam dan berair. Termasuk saat kamu sedang berkendara sekalipun. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk dan aturan setempat.

4. Jaga Selalu Kebersihan

Nusa Penida adalah sebuah pulau yang indah, jadi pastikan kamu membantu menjaganya tetap bersih. Jangan membuang sampah sembarangan dan jaga kebersihan tempat-tempat yang kamu kunjungi.

Selain menjaga kelestarian alam, hal tersebut dapat meningkatkan citra Nusa Penida di mata internasional. Sehingga makin banyak turis asing yang berdatangan, dan makin baik pula fasilitas yang dibangun agar kunjungan lain hari ke pulau ini semakin memuaskan.

Dan secara tidak langsung turut meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, juga negara kita.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat