visitaaponce.com

Pemilu 2024, Objek Wisata di Lembang Gratiskan Tiket Masuk Usai Mencoblos

Pemilu 2024, Objek Wisata di Lembang Gratiskan Tiket Masuk Usai Mencoblos
Wisata di wilayah Lembang Kabupaten Bandung Barat(MI/Depi Gunawan)

SUASANA hari pemungutan suara Pemilu 2024 di wilayah Lembang Kabupaten Bandung Barat nampak tidak seperti biasanya.

Terlihat beberapa ruas jalan utama di kawasan wisata ini seperti Jalan Tangkuban Parahu, Jalan Maribaya dan Jalan Raya Lembang tampak lancar. Biasanya, ruas jalan tersebut identik dengan kemacetan apalagi saat libur nasional seperti pemilu.

Aktivitas jual beli di Pasar Panorama juga terpantau sepi dengan banyaknya kios yang memilih tutup. Sebaliknya, beberapa tempat pemungutan suara (TPS) ramai didatangi masyarakat yang mencoblos sejak pagi.

Baca juga : TPS Kekurangan Surat Suara Sejumlah Pemilih di Depok tak Bisa Mencoblos

Hal ini terlihat dari antusiasnya pemilih dalam menyalurkan hak suaranya sejak TPS dibuka. Padahal wilayah Lembang dan sekitarnya diguyur hujan sejak pukul 07.00 WIB. Tidak sedikit dari mereka yang mengabadikan momen pencoblosan tersebut.

"Saya tadi datang sejak pagi ke TPS, memang mau niat ikut mencoblos makanya kios sementara ditutup sehari. Apalagi pemilu hanya 5 tahun sekali," kata Asep, 46, salah satu pedagang di Pasar Panorama, Rabu (14/2).

Saking antusiasnya mengikuti pemilu, Asep mengaku, akan mengawal di TPS hingga proses penghitungan suara beres. "Kalau kuat, mau pantau sampai sore. Mau lihat hasil pemilu, terutama pilpres," ujarnya.

Baca juga : KPUD Jabar Pastikan Tidak Ada TPS Yang Menunda Pencoblosan Pemilu

Sementara itu, perhelatan pemilu dimanfaatkan pengelola objek wisata untuk menarik pengunjung. Seperti di tempat wisata The Lodge Maribaya yang menggratiskan tiket biaya masuk dalam menyambut Pemilu serentak 2024.

Promo gratis itu hanya berlaku sehari saat 14 Februari dengan syarat cukup menunjukkan jari bertinta biru sebagai bukti telah mengikuti pencoblosan dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Pada momen pemilu ini kami menghadirkan promo buy 1 get 1 bagi pengunjung luar Bandung Barat, tapi khusus warga Bandung Barat diberlakukan gratis tiket masuk," ungkap Fikri Mausul selaku Supervisor Operasional The Lodge Maribaya.

Baca juga : TPS 64 Kelurahan Cikutra Bandung Ini Unik dengan Konsep Klinik

Ia menerangkan, promo gratis ini sebagai apresiasi kepada masyarakat karena telah ikut serta menyalurkan hak pilihnya untuk menentukan calon pemimpin Indonesia 5 tahun mendatang.

"Jumlah pengunjung hari ini cukup lumayan, ada ratusan orang yang memanfaatkan promo gratis ini. Tidak hanya warga lokal tapi dari luar juga cukup banyak," tuturnya. (DG/Z-7)

Baca juga : 100 Tahanan Nyoblos di TPS Rutan Bareskrim Polri

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat