visitaaponce.com

Candi Prambanan Keseruan, Info Penting dan Tips Wisata

Candi Prambanan: Keseruan, Info Penting dan Tips Wisata
Candi Prambanan(wikipedia)

Candi Prambanan masih setia dikunjungi wisatawan dalam negeri hingga mereka yang datang dari luar negeri. Di sini wisatawan bisa menikmati keindahan tempat wisata, hingga melihat pertunjukkan spektakuler. 

Area yang luas sangat mendukung kegiatan berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Kamu bisa saling berfoto cantik dan berbagi cerita, sambil menikmati setiap keindahan sekitar candi. 

Lantas, apa saja yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk berlibur ke objek wisata sejarah satini? Akan kami bahas selengkapnya dalam ulasan di bawah.

Baca juga : 14 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Kamu Kunjungi

Sekilas Tentang Candi Prambanan

Dari sekian banyak candi peninggalan budaya Hindu yang tersebar di Indonesia, inilah yang terbesar. Berdasarkan prasasti yang ditemukan di area tersebut, kuat dugaan candi dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 zaman Mataram Kuno. 

Wilayah candi terdiri dari halaman luar dengan tiga pelataran (luar, tengah dan dalam). Di sini, terdapat sekitar 240 candi kecil yang terbuat dari batu andesit. Namun, yang paling terkenal adalah Trimurti, yaitu tiga candi utama yang disebut dengan Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu. 

Nilai sejarah panjang, budaya yang kental, serta arsitektur unik yang luar biasa, membuat UNESCO menetapkan Candi Prambanan sebagai warisan budaya dunia.

Baca juga : 5 Rumah Adat Jawa Tengah yang Wajib Kamu Tau

Sejak dahulu, kawasan Prambanan digunakan untuk beribadah umat Hindu. Seiring berjalannya waktu, Candi Prambanan kemudian dijadikan sebagai objek wisata oleh pemerintah yang populer dikunjungi dari berbagai penjuru dunia.

Sampai kini, seluruh area wisata masih terawat dan bersih, serta terus memberikan sejumlah pembaruan hiburan yang membuat wisatawan terus berdatangan ke Candi Prambanan.

Kegiatan Wisata di Candi Prambanan

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Candi Prambanan yang memberikan pengalaman unik. Berikut ini adalah beberapa kegiatannya.

Baca juga : Pemilu 2024, Objek Wisata di Lembang Gratiskan Tiket Masuk Usai Mencoblos

1. Menelusuri Keindahan Candi

Tak afdol jika kamu tidak menelusuri setiap keindahan dari Candi Prambanan ini. Sembari berkeliling kawasan candi, kamu akan ditemani oleh pemandu yang akan menceritakan sejarah secara detail. 

Penjelasan sejarah ini akan membuat kamu lebih menghargai orang-orang terdahulu dan semakin mengagumi peninggalan bersejarah yang terukir dalam bangunan tersebut.

Baca juga : Jawa Tengah Jadi Wilayah Pertempuran antara Jokowi dengan PDIP

2. Menjelajahi Lokasi Foto yang Instagramable

Beberapa wisatawan mungkin sengaja datang ke Prambanan hanya untuk berburu foto instagramable. Memang tidak salah, pasalnya di sini terdapat begitu banyak spot yang instagramable.

Kamu bisa mengambil foto dan video sebagai kenang-kenang serta upload story perjalanan di media sosial.

Baca juga : Klaten Siaga Hadapi Ancaman Erupsi Gunung Merapi

3. Menikmati Hijau Pepohonan

Suasana menenangkan dan alami juga begitu terasa berkat pepohonan di seluruh area wisata. Suasana alam itu semakin menyempurnakan keindahan arsitektur candi. Sehingga menjadi perpaduan pemandangan yang memukau bagi para pengunjung wisatawan.

4. Menyaksikan Festival dan Acara Khusus yang Spektakuler

Baca juga : Istana Tampik Kunker Presiden Jokowi untuk Menangkan Paslon Tertentu, Benarkah?

Pengelola wisata candi mengadakan acara pertunjukkan secara berkala. Terdiri dari pementasan drama disertai tari-tarian, wayang kulit, pameran seni, hingga konser musik.

Pertunjukkan Sendratari Ramayana adalah yang paling populer di kalangan para wisatawan. Pementasan drama disertai iringan musik jawa serta melibatkan ratusan penari profesional, membuat pertunjukkan semakin istimewa dan  meriah.

5. Naik Bus Wisata atau Delman

Baca juga : Ide Tempat Menikmati Tahun Baru 2024 di Jogja Seru, Rame, dan Berkesan

Puas menjelajahi candi, kamu bisa berkeliling kawasan wisata dengan berjalan kaki. Pengelola tempat wisata juga memberikan opsi untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan dengan naik bus wisata di area parkir.

Jika mau pengalaman unik, kamu bisa naik kendaraan tradisional zaman dulu yang ditarik oleh kuda, yakni delman. Berkeliling dengan delman juga memungkinkan kamu menjelajahi tempat-tempat menarik sekitar lokasi wisata sehingga pengalaman wisata semakin tak terlupakan.

6. Belanja Beragam Oleh-oleh Khas

Baca juga : Wisata Umbul Jumprit Dilengkapi Kolam Renang

Puas berkeliling, jangan lupa untuk membeli buah tangan khas Candi Prambanan untuk dibawa pulang. Mulai dari gantungan kunci, mug dan kaos bertemakan Candi Prambanan, miniatur candi hingga batik khas Jawa Tengah

Tak perlu khawatir soal harga karena oleh-oleh di kawasan ini tergolong murah namun tetap berkualitas.

7. Makan Kuliner Khas Jawa Tengah

Baca juga : UMKM Oleh-Oleh Yogyakarta Didorong Tingkatkan Stok dan Inovasi

Tempat makan di sekitar Candi Prambanan akan menjadi pelipur lapar selepas letih berkeliling. Cukup banyak tersedia tempat makan untuk keluarga, beberapa di antaranya ialah Rama Shinta Garden Resto, Rumah Makan Sendang Ayu, Bale Bengong Jogja, Ayam Goreng Candisari Kalasan, dan Abhayagiri Venue and Dining.

Informasi Wisata

Peraturan masuk candi terus diusulkan demi menjaga kelestarian budaya dan kepuasan wisatawan. Termasuk perihal biaya tiket, masuk ke lokasi hingga aturan khusus.

1. Tiket Masuk dan Naik ke Candi Prambanan

Baca juga : Kompetisi Video Amatir Komunitas Seniman Konten Kreator Angkat Pesona Jateng

Pengunjung candi dibatasi hanya untuk 1.200 orang yang dibagi menjadi 8 sesi terdiri dari 150 orang. Tiket masuk yang dibeli seharga Rp 50.000 untuk orang dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak. Untuk WNA, dikenakan biaya tiket lebih mahal. 

Pembelian tiket sudah termasuk sandal upanat, sandal khusus untuk menaiki struktur candi sebagai upaya pelestarian.

Tiket berlaku dari jam 06.30 – 17.30. Tetapi, untuk memastikan ketertiban pengunjung, 1 jam lebih awal dari jam operasional loket dan pintu gerbang ditutup. Dan khusus hari Senin, candi tutup untuk keperluan perawatan candi.

Baca juga : BNN Ungkap Jaringan Narkotika Lapas Jawa Tengah. Begini Kronologi Penangkapannya

Selain itu, kamu bisa membeli tiket terusan, yakni tiket masuk sekaligus untuk menikmati wahana-wahana lainnya.

2. Rute Menuju Candi Prambanan

Rute menuju Candi Prambanan dapat diakses dengan berbagai cara. Kebanyakan wisatawan memilih rental mobil di sekitar Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta/Kawasan Malioboro atau menggunakan transportasi umum dengan bus Trans Jogja jalur 1A dari Halte Mangkubumi.

Baca juga : TMII Siap Manjakan Wisatawan dengan Wahana dan Atraksi Baru

Dari Bandara Internasional Yogyakarta bisa memesan taksi online. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa melalui Jalan Raya Solo-Yogya, yang mana candi terletak di km 16 dari sana, tepatnya di sebelah utara.

3. Peraturan Masuk Candi Prambanan

Candi merupakan tempat peribadatan umat Hindu. Walaupun sudah menjadi tempat wisata dan publik, kamu tetap harus menjaga sikap dengan mematuhi sejumlah aturan berikut.

Baca juga : Mengagumi Kaws: Holiday yang "Liburan" di Candi Prambanan

1.    Memperhatikan pakaian yang dikenakan, pastikan sopan dan rapi.
2.    Tidak mencorat-coret candi.
3.    Tidak berpose berlebihan saat berfoto, seperti memanjat candi atau melompat dari sana.
4.    Menjaga perkataan dan sikap, termasuk tidak mencela apapun (selama tidak merugikan orang lain) yang ada di sana meski bertentangan dengan agama yang diyakini. 
5.    Menghormati orang yang datang beribadah.
6.    Mematuhi aturan khusus yang berlaku.

Tips Berkunjung ke Candi Prambanan

Jika kamu mau berkunjung ke Candi Prambanan, inilah beberapa tips dari kami.

1.    Mengenakan baju berbahan katun tipis yang menyerap keringat.
2.    Membawa skincare pelindung tabir surya.
3.    Membeli tiket secara online untuk menghindari kehabisan tiket, dan pastikan e-ticket sudah siap untuk ditunjukkan sebelum memasuki area rekreasi
4.    Datang dari pagi jika ingin benar-benar menikmati kawasan wisata sampai puas.
5.    Membawa perbekalan yang cukup, seperti air dan camilan.
6.    Memakai topi, kacamata dan payung untuk melindungi dari panas matahari.
7.    Bagi yang membawa anak, sebelum berkeliling sebaiknya ajak si kecil ke toilet terlebih dahulu.
8.    Menyewa mobil atau delman untuk berkeliling.
9.    Hunting pose foto di internet sehingga tidak banyak kebingungan saat berada di spot foto dan membuat antrian. 
10.    Update informasi terbaru Candi Prambanan melalui akun Instagram @prambananpark untuk mengetahui jadwal pementasan.

Jangan lupa untuk mendokumentasikan setiap momen perjalanan, salah satunya dengan menyewa fotografer untuk mendapatkan foto landscape Candi Prambanan yang indah dari kejauhan.

Itulah tadi informasi seputar Candi Prambanan yang bermanfaat. Semoga perjalananmu lancar dan berkesan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat