visitaaponce.com

Mahfud MD Al-Zaytun Terhubung dengan Kelompok Radikal NII

Mahfud MD: Al-Zaytun Terhubung dengan Kelompok Radikal NII
Menko Polhukam Mahfud MD(Antara)

MENKO Polhukam Mahfud MD menyatakan Ponpes Al-Zaytun yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, memiliki korelasi historis, dengan organisasi radikal Negara Islam Indonesia (NII). Secara administratif, Al-Zaytun merupakan pembaharuan dari NII.

"Dulu itu memang namanya Yayasan Negara Islam Indonesia, sekarang  yayasannya diganti namanya jadi Yayasan Pesantren Islam. Jejak akta notarisnya masih ada, ada kaitannya dulu dengan kompartemen NII dulu, " Ujar Mahfud MD, Kepada Metro TV, Rabu 5 Juli 2023.

Dalam kaitannya pada faktor historis ini, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Densus 88 terus, kata Mahfud, selalu dalam posisi siaga memantau seluruh giat yang berkaitan dengan radikalisme dan terorisme.

Baca juga: Ternyata Ini Alasannya Mengapa Ponpes Al-Zaytun Belum Dibubarkan

"Kalau Densus 88 sih dan BNPT ada atau tidak ada itu harus melakukan pendalaman terhadap setiap simpul-simpul kegiatan masyarakat, " jelasnya.

Meski berawal dari sebuah organisasi radikal, Mahfud klaim Al-Zaytun belum tercatat melahirkan kelompok-kelompok radikalis yang aktif dalam dunia teroris. "Dia tidak pernah melahirkan teroris, " tambahnya.

Baca juga : Mahfud Beberkan 256 Rekening dengan 6 Nama Milik Panji Gumilang

Hingga saat ini, catatan pemerintah mengatakan tidak adanya pelanggaran hukum oleh Al-Zaytun sebagai organisasi. Namun pelanggaran oleh individu Panji Gumilang berindikasi terus ditemukan.

"Al-Zaytun sendiri itu tidak pernah melakukan hal yang sifatnya dilarang oleh hukum. Tetapi kalau personal, iya " tegasnya. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat