visitaaponce.com

Tidak Mampu Temukan Harun Masiku, KPK Minta Rakyat Bantu Cari

Tidak Mampu Temukan Harun Masiku, KPK Minta Rakyat Bantu Cari
harun Masiku, politisi PDI Perjuangan pelaku dugaan suap pergantian antarwaktu DPR(Istimewa)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap masyarakat Indonesia membantu pencarian buronan sekaligus mantan caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku. Warga yang menetap di luar negeri juga diharap ikut serta memberi pertolongan.

"Masyarakat Indonesia baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri apabila mengetahui informasi terkait saudara HM (Harun Masiku) mohon disampaikan kepada kami," kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur di Jakarta, Jumat (7/7).

Asep menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan banyak pihak untuk mencari Harun. Mereka bahkan sudah meminta bantuan otoritas penegak hukum negara lain melalui red notice.

Baca juga: Pencarian Harun Masiku, KPK: Kalau Ada Info A1, Kita Pasti Berangkat

"Kita juga berkoordinasi dengan lembaga-lembaga antikorupsi yang ada di negara-negara tetangga lainnya yang concern terhadap masalah tindak pidana korupsi," ucap Asep.

Pencarian Harun diyakini bisa semakin cepat jika dibantu banyak pihak. Semua informasi yang masuk dipastikan ditindaklanjuti.

Baca juga: Potret Buram KPK: Pengumuman Tersangka Ditunda

Saat ini, buronan KPK tinggal tiga orang. Pertama ialah Kirana Kotama yang dicari sejak 2017. Dia terlibat dalam kasus dugaan suap pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau pada 2014 kepada Kementerian Kehutanan.

Lalu, Paulus Tannos yang ada di Singapura. Dia terlibat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Ketiga, Harun Masiku. Dia sudah dikejar sejak 2020 untuk mempertanggungjawabkan kasus dugaan suap pengganti antar waktu (PAW) DPR. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat