visitaaponce.com

Jokowi Bakal Bentuk Indonesia Coast Guard, Bakamla Kami Siap Jadi Apapun

Jokowi Bakal Bentuk Indonesia Coast Guard, Bakamla: Kami Siap Jadi Apapun
Aksi personel Badan Keamanan Laut ( Bakamla) di Dermaga PT Palindo Marine Shipyard, Batam, Kepulauan Riau.(ANTARA/Teguh Prihatna)

MENKO Polhukam Mahfud MD menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar lembaga Indonesia Coast Guard segera dibentuk.

Menanggapi itu, Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksamana Madya (Laksdya) TNI Aan Kurnia membenarkan adanya permintaan pemerintah terkait pembentukan coast guard meskipun sudah ada Bakamla.

Menurutnya, rencana pembentukan coast guard baru lantaran adanya dualisme dalam tugas menjaga kelautan Indonesia.

Baca juga: Bakamla Akui Banyak Perairan Indonesia Jadi Tempat Transaksi Ilegal

“Karena sekarang ada dualisme coast guard. Pada UU 17 Tahun 2008 itu salah satu fungsi dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) RI adalah sea and coast guard, dan Bakamla dibentuk pada 2014 berdasarkan UU 32,” terang Aan, dikutip Rabu (12/7).

“Makanya pemerintah ingin membentuk Indonesian Coast Guard dan merevisi UU 32,” tambahnya.

Berdasarkan fakta tersebut, Aan mengaku Bakamla siap ditugaskan ke manapun, digabung ataupun bergabung. Aan menegaskan yang penting Indonesia punya satu penjaga keamanan laut, yakni Indonesia Coast Guard. 

Baca juga: Kronologi Bakamla Tangkap Kapal Tanker BBM Ilegal Senilai Rp4,6 Triliun di Natuna

“Tapi sementara Bakamla sudah acting seperti coast guard hanya diperkuat dengan undang undang. Intinya Bakamla siap jadi apapun. Intinya harus ada satu coast guard dulu di Indonesia,” ungkapnya.

Aan menuturkan, saat ini, Bakamla sudah melaksanakan kegiatan penjagaan terhadap perairan kelautan Indonesia dari oknum-oknum ilegal.

“Karena kalau bukan Bakamla siapa? Kan gak ada, hanya memang akan diperkuat lagi dengan revisi UU 32 ini,” tandasnya. (Z-1) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat