visitaaponce.com

Skor Indeks Keamanan Laut Nasional Meningkat

Skor Indeks Keamanan Laut Nasional Meningkat
Kepala Bakamla Laksamana Madya Irvansyah mengungkap IKLN berada di skor 56.(MI/Tri Subarkah)

KEPALA Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya Irvansyah mengungkap Indeks Keamanan Laut Nasional (IKLN) yang dihitung pihaknya bersama instansi terkait pada 2023 mencapai skor 56. Skor itu meningkat 3 poin dibanding capaian 2022, yakni 53. Hal tersebut disampaikan Irvansyah dalam acara HUT ke-18 Bakamla RI yang diselenggarakan di Taman Proklamasi, Jakarta, Jumat (29/12).

"Bakamla bersama dengan instansi terkait dan instansi teknis telah melaksanakan pengukuran Indeks Keamanan Laut Nasional atau IKLN dengan nilai 56 atau predikat cukup terkendali," ujarnya.

Menurut Irvansyah, Bakamla telah melakukan inovasi dan sinergitas dalam upaya mewujudkan keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di wilayah perairan dan yuridiksi Indonesia. Salah satu upaya yang berhasil dilakukan Bakamla dengan menggandeng instansi lain adalah penggagalan penyelunduan narkoba.

Baca juga: KKP Perketat Pengawasan Penyelundupan BBL di Sektor Darat dan Laut

"Illegal mining, illegal oil, penangkapan kapal yang melakukan pencemaran di laut, serta menggagalkan penyelundupan pekerja migran," papar Irvansyah.

Terlepas dari keberhasilan yang diraih, Irvansyah meminta jajarannya tidak berpuas diri. Mengusung tema Indonesia Coast Guard yang Modern dan Profesional untuk Indonesia Maju, ia mendorong seluruh personel Bakamla terus mendidikasikan diri demi terwujudnya keamanan dan penegakan hukum di wilayah perairan maupun yurisdiksi Indonesia.

Baca juga: KKP Gelar Operasi Bersama Cegah Penyelundupan BBL di Indonesia

Kendati demikian, ia juga menyadari keterbatasan yang dimiliki Bakamla, termasuk armada kapal yang hanya berjumlah 10 unit untuk beroperasi di tiga zona, yakni barat, tengah, dan timur. Adapun total personel Bakamla hanya 1.107 orang. Angka itu jauh lebih kecil ketimbang Filipina yang luas lautnya hanya seperempat wilayah Indonesia.

"Kemarin saya habis study banding ke Coast Guard Filipina, karena Filipina kan sama-sama negara kepulauan. Mungkin wilayah perairannya seperempat wilayah Indonesia, namun personelnya 30.500 orang," tandasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat