visitaaponce.com

Polri Gandeng Garuda Indonesia Rawat Pesawat Boeing Bekas 737-800

Polri Gandeng Garuda Indonesia Rawat Pesawat Boeing Bekas 737-800
Pesawat Boeing 737-800(MI/Sumaryanto Bronto)

POLRI menggandeng maskapai Garuda Indonesia untuk perawatan pesawat baru mereka Boeing 737-800NG dengan nomor registrasi P-7301. Kerja sama antara Polri dan Garuda Indonesia dilakukan sesuai dengan petunjuk Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Penempatan pesawat berikut perawatan lain-lainnya itu berurusan dengan Garuda. Jadi kita menerima paket lengkap dari Garuda sudah kerja sama, baik untuk perawatannya dan lainnya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho.

Tujuan kerja sama itu, dilakukan dengan alasan untuk menekan biaya perawatan. "Kalau kita melakukan perawatan sendiri kemudian mengadakan pilot sendiri, tentunya biaya cukup besar. Maka mendapatkan masukan ternyata ada opsi yang bisa untuk perawatan pesawat maupun untuk kelengkapan lainnya," sebutnya.

Baca juga : Polri Beli Pesawat Rp997 Miliar, Kompolnas: Memang Butuh

Polri membeli pesawat bekas Boing 737-800NG dengan mahar Rp664 miliar dari sebuah perusahaan yang bermarkas di Dublin, Irlandia. Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan total pembelian pesawat itu menghabiskan dana sebesar Rp997 miliar.

"Pagu anggaran sebesar Rp1 triliun dengan total anggaran yang digunakan (untuk kebutuhan pembelian pesawat) sebesar Rp997,689 miliar," kata Ramadhan (14/7).

Baca juga : Polri Beli Pesawat Seharga Ratusan Miliar dari Perusahaan Irlandia

Ramadhan merinci, untuk biaya pembelian pesawat sendiri yakni sebesar Rp664 miliar. Selanjutnya biaya Rp330,64 miliar untuk keperluan modifikasi cabin, cargo, pemeliharaan, pelatihan pilot, pramugari, dan teknisi selama satu tahun.

"Basic pesawatnya saja Rp664 miliar," sebutnya.

"Dibeli dari pesawat yang berkedudukan di Dublin, Irlandia. Dimana posisi pesawat tersebut berada di Ostrava Republik Ceko sebesar Rp995,350 miliar," imbuhnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat