visitaaponce.com

Waketum PAN Sebut Ganjar-Erick Bakal Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi

Waketum PAN Sebut Ganjar-Erick Bakal Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Rakyat (PAN) Viva Yoga Mauladi.(Ist/DPR)

Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan dan Menteri BUM Erick Thohir yang berpotensi jadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) diyakini bakal meneruskan kepemimpnan Presiden Jokowi jika diberi amanah menjedi pemimpin pemerintahan berikutnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Rakyat (PAN) Viva Yoga Mauladi dalam keterangan pers, Minggu (16/7).   

Viva Yoga mengatakan tak heran dengan hasil simulasi pasangan survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyatakan duet Ganjar - Erick mendapatkan elektabilitas tertinggi dari para pesaing mereka.

Baca juga: Unggul Menurut LSI, Erick Thohir: Hasil Survei Dijadikan Penyemangat Kerja 

 “Masyarakat percaya bahwa jika disimulasikan maka paslon Ganjar-Erick ini yang akan dapat melanjutkan kinerja dan memperbaiki pemerintah saat ini,” terang Viva Yoga.

Pasangan Ganjar-Erick Unggul Versi Simulasi LSI

Seperti diketahui, dalam hasil simulasi pilpres 2024 versui LSI periode 1 hingga 8 Juli 2023 menyatakan elektabilitas duet Ganjar – Erick berada di peringkat pertama mengungguli para pesaing mereke.

Survei LSI mengungkapkan bahwa masyarakat terekam memutuskan untuk memberikan dukungan kepada duet kepala daerah dan menteri andalan serta kepercayaan Presiden Jokowi tersebut.

Baca juga: Anies: Apel Siaga Perubahan NasDem Bukti Kesiapan Melewati Berbagai Tempaan

Dalam simulasi versi LSI mempertemukan Ganjar-Erick dengan pasangan Prabowo Subianto – Muhaimin Iskandar dan Anies Baswedan – Khofifah Indar Parawansa. Hasilnya, duet Ganjar – Erick menuai elektabilitas tertinggi di angka 34,0%.

Sedangkan diperingkat kedua terdapat pasangan Prabowo – Muhaimin yang mendapatkan elektabilitas sebesar 30,7%. Kemudian pasangan Anies – Khofifah harus puas berada di posisi terakhir dengan elektabilitas di angka 21,0%.

Ganjar-Erick Disebut 'Orangnya Jokowi' 

Viva Yoga menilai bahwa masyarakat kini tengah mencari pemimpin yang layak untuk meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Hal ini kemudian menjadi daya tarik bagi duet Ganjar – Erick yang merupakan ‘orangnya Jokowi’ di pemerintahan," ucap Viva.

Baca juga: Ganjar Ajak GP Ansor Jaga Kondusivitas Jelang Tahun Politik 2024

"Ganjar merupakan pemimpin yang berasal dari satu daerah dan partai yang sama dengan Presiden Jokowi yakni Jateng dan PDIP. Sebagai pemimpin daerah, Ganjar juga banyak menyukseskan program dan pembangunan Presiden Jokowi di Jateng," ucap Viva.

Bahkan, menurut Viva, Ganjar banyak mengadopsi karakter kepemimpinan Presiden Jokowi ketika berinteraksi dengan masyarakat yakni blusukan.

"Kemudian, Erick Thohir juga merupakan pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi di pemerintahan," katanya.

Baca juga:  Prabowo Dinilai Tokoh Nasionalis yang Dekat Dengan Rakyat

Erick Thohir diketahui banyak menerima penugasan strategis dari Presiden Jokowi selama di pemerintahan.

Mulai dari mentransformasi Kementerian BUMN, memberantas korupsi di perusahaan BUMN, menanggulangi pandemi Covid-19, memulihkan ekonomi nasional hingga menyelamatkan dunia sepak bola Indonesia.

"Ganjar-Erick itu 'orangnya Jokowi', yang memiliki kedekatan pribadi dengan Presiden Jokowi," pungkas Viva. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat