visitaaponce.com

Elektabilitas Bakal Capres Ketat, Sosok Bakal Cawapres Jadi Kunci

Elektabilitas Bakal Capres Ketat, Sosok Bakal Cawapres Jadi Kunci
Bakal Calon Presiden Pemilu 2024 Prabowo Subianto(AFP)

Lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs, berdasarkan hasil telesurveinya, menempatkan Prabowo Subianto di peringkat teratas dalam hal sosok yang paling potensial maju sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra itu memperoleh dukungan 36,65%, unggul tipis dari Ganjar Pranowo dengan raihan 34,46%. Sementara, Anies Baswedan di peringkat tiga dengan 25,6%.

"Tiga nama tidak berubah. Prabowo selisih tipis dengan Ganjar yang masih dalam batas margin of error,” ujar Peneliti Senior Ipsos Public Affairs Arif melalui keterangan tertulis, Selasa (18/7).

Baca juga: Prabowo Dinilai Punya Kepedulian Terhadap Pelestarian Lingkungan

Dengan elektabilitas ketiga tokoh yang tidak terpaut jauh, sosok cawapres akan sangat menentukan siapa yang akan menjadi pemenang dalam Pilpres mendatang.

“Dengan dinamika elektabilitas bakal capres yang demikian, ketepatan memilih cawapres akan menjadi faktor kunci untuk meraih kemenangan,” tuturnya.

Baca juga: Langkah Anies Tak Mengumumkan Cawapres di Apel Siaga Perubahan Dinilai Tepat

Managing Director Ipsos Indonesia Soeprapto Tan menyebut tokoh potensial bakal cawapres mengerucut pada lima nama. Kelima nama tersebut adalah Erick Thohir dengan dukungan 25,74%, Ridwan Kamil 19,08%, Sandiaga Uno 17,8%, Mahfud MD 7,71% dan Agus Harimurti Yudhoyono 6,85%.

Ia mengatakan Ipsos Public Affairs menggelar telesurvei untuk memotret perkembangan dan dinamika jelang hajat demokrasi 2024. Kegiatan jajak pendapat itu di gelar pada 7-12 Juli 2023 terhadap 2.191 responden dengan usia di atas 17 tahun dan tersebar di perdesaan dan perkotaan di seluruh Indonesia.

“Telesurvey tersebut dengan melibatkan 2.191 responden dengan margin of error 2,1% dan tersebar merata di 34 provinsi di Indonesia,” tandasnya. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat