visitaaponce.com

Jaga Inflasi, Satgas Pangan Setiap Daerah Diminta Rajin Turun ke Pasar

Jaga Inflasi, Satgas Pangan Setiap Daerah Diminta Rajin Turun ke Pasar
Ilustrasi(Dok MI)

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepala daerah untuk menggerakan satuan tugas (satgas pangan) ke pasar. Hal ini untuk memastikan harga komoditas pangan terkendali. 

"Sama seperti Bapak Presiden rajin turun ke mana-mana ke pasar, itu akan membuat isu penanganan inflasi stabilitas harga itu akan terus isunya akan naik, dan semua kita akan bergerak," ujar Mendagri Tito dilansir dalan lama resmi kemendagri.go.id, dilansir Rabu, (19/7). 

Apabila terjadi kenaikan harga, lanjut Mendagri, kepala daerah diarahkan segera mencari akar permasalahan dan solusinya. Apakah persoalan itu disebabkan suplai yang kurang atau distribusinya terganggu. 

Baca juga : Bank Indonesia dan TPID Kolaborasi Kendalikan Inflasi Pangan

Mendagri mengungkapkan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal memberikan dana insentif bagi daerah yang mampu mengendalikan inflasi. Saat ini, Kemenkeu tengah melakukan penilaian terhadap daerah yang melibatkan lintas instansi.

Baca juga : Jokowi Harap Inflasi Turun Hingga 3%

"Jadi tolong ini mudah-mudahan akan bisa memotivasi rekan-rekan untuk mengendalikan inflasi," bebernya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bakal menegur kepala daerah yang tidak mampu menjaga kondisi harga sembako. Setiap tingkat pemerintahan diminta rutin memantau kondisi harga di pasar tradisional. 

"Segera bisa dilakukan tindakan preventif, tegur (kepala) daerah, tegur provinsi, pak gubernur (harga) telurnya naik," ujar Presiden Jokowi dalam acara relawan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Arus Bawah Jokowi (ABJ) 2023, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 15 Juli 2023.

Dia mengaku teguran tersebut efektif menurunkan harga kebutuhan masyarakat. Pemerintah daerah (pemda) langsung bergerak mengatasi kenaikan harga bahan pokok.

"Saya kemarin melihat daging ayam naik. Ternyata kemarin sudah saya cek tadi sudah turun lagi (harga daging ayam)," ungkap dia. (MGN/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat