visitaaponce.com

Survei Indikator Politik Indonesia Erick Thohir Jadi Favorit Masyarakat Jawa

Survei Indikator Politik Indonesia: Erick Thohir Jadi Favorit Masyarakat Jawa
Menteri BUMN Erick Thohir(Antara)

Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas sejumlah tokoh yang masuk radar bakal calon wakil presiden. Dalam jajak pendapat itu, diketahui Erick Thohir menjadi favorit bagi masyarakat Jawa.

"Meski bukan orang Jawa, Erick Thohir justru unggul dengan 25%," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Minggu (23/7)

Dalam daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden etnis Jawa, Erick Thohir berada di urutan pertama. Ia mengalahkan Sandiaga Uno yang mengantongi 18,7%, Ridwan Kamil 17,3%, Khofifah Indar Parawansa 14,3% dan Agus Harimurti Yudhoyono 9,9%.

Baca juga: Diadu 17 Nama Cawapres, Erick Thohir Tetap Teratas

Etnis yang juga banyak mendukung Erick Thohir berdasarkan hasil survei tersebut adalah Minang dengan meraih 42,9%. Ia kembali unggul dari Sandiaga Uno yang hanya mendapat 32,9%, Agus Harimurti Yudhoyono 14,6%, dan Ridwan Kamil 5,9%. Khofifah Indar Parawansa tidak dapat suara dari etnis Minang.

Masih dalam survei yang sama, berdasarkan pemilih beragama Islam, Erick Thohir juga mampu unggul walau tipis. Ketua umum PSSI itu meraih 21,8%, berdekatan dengan Ridwan Kamil 21,2%, Sandiaga Uno 18,8%, Agus Harimurti Yudhoyono 13,3% dan Khofifah Indar Parawansa 10,9%.

Baca juga: Survei: Erick Thohir Ungguli Gus Imin untuk Dampingi Capres Prabowo Subianto

Di mata para Nahdliyyin sebutan anggota Nahdlatul Ulama (NU), Erick Thohir yang jadi juga ketua se-abad NU meraih 24,5%, unggul dari Ridwan Kamil 21%, Sandiaga Uno 16,9%, Khofifah Indar Parawansa 14,4% dan Agus Harimurti Yudhoyono 10,5%. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat