visitaaponce.com

Soal Kisruh di Partai Golkar, Presiden Itu Urusan Internal

Soal Kisruh di Partai Golkar, Presiden: Itu Urusan Internal
Presiden Joko Widodo(Youtube Setpres)

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Istana tidak pernah cawe-cawe di dalam tubuh Partai Golkar. Dinamika yang terjadi di sana, menurutnya, murni persoalan internal partai.

"Itu urusan internal Golkar. Urusannya internal Golkar. Tidak ada hubungannya dengan kita," ujar Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/7).

Jika ada pihak-pihak yang memiliki keinginan untuk mendorong digelarnya Musyawarah Nasional Luasr Biasa (Munaslub) untuk menggantikan ketua umum yang sedang menjabat, itu adalah urusan masing-masing.

Baca juga: Bamsoet: Dukungan Kepada Airlangga tergantung Situasi Partai

"Kalau Pak Luhut, Pak Bahlil, Pak Bamsoet punya keinginan itu, itu urusan beliau-beliau. Urusan internal Golkar," tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar bambang Soesatyo mengatakan kondisi internal partainya saat ini masih terkonsolidasi dengan baik. Namun, ia tidak membantah kalau Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) bisa saja dilakukan sewaktu-waktu. Itu bisa digelar jika ada kejadian luar biasa atau ada permintaan dari pengurus partai.

Baca juga: Bambang Soesatyo Siap Maju Jadi Ketua Umum Golkar di 2024

"Golkar masih baik-baik saja. Kita masih terkonsolidasi dengan baik. Munas golkar itu tahun depan, tetapi kalau ada satu kejadian yang luar biasa itu namanya Munaslub dan bisa dilakukan kapan saja. Kita tidak mengetahui apakah ada peristiwa luar biasa atau tidak," ujar Bambang di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/7).

Anggota Dewan Pakar Partai Golkar Ridwan menyebut Dewan Pakar Partai Golkar berpeluang mengevaluasi hasil Munas Partai Golkar 2019. Munas itu memutuskan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ditetapkan sebagai bakal calon presiden (capres). Sementara, muncul opsi pergantian Airlangga dari pucuk pimpinan Partai Golkar. Pergantian ketua umum itu bisa dilakukan melalui Munaslub. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat