visitaaponce.com

Pasca Golkar dan PAN Gabung Prabowo, PKS Klaim Peta Pilpres Makin Terlihat Jelas

 Pasca Golkar dan PAN Gabung Prabowo, PKS Klaim Peta Pilpres Makin Terlihat Jelas
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Capres Prabowo Subianto bersama Ketua Umum PKB, Golkar, dan PAN(MI / Susanto)

PARTAI Keadilan Sejahtera (PKS) menilai berlabuhnya Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) ke poros pendukung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto membuat peta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 makin jelas. Komposisi capres diyakini hanya Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

"Berlabuhnya Partai Golkar dan PAN ke koalisi Prabowo akan membuat peta Pilpres semakin jelas. Dengan demikian dapat disimpulkan hanya akan ada tiga bacapres pada Pemilu 2024 nanti," kata Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsy melalui keterangan tertulis, Minggu, (13/8). 

Habib Aboe mengatakan penyampaian dukungan Partai Golkar dan PAN bersama PKB dan Gerindra ke Prabowo adalah hak konstitusional yang harus dihormati. Ia menuturkan dukungan empat partai tersebut ke Prabowo adalah bagian dari proses demokrasi yang harus kita lakukan.

Baca juga : Prabowo Sebut Jokowi Hormati Independensi dan Hak Tiap Parpol

"Tentunya, masing-masing partai punya otoritas dan indepedensi untuk mengusung capres dalam pemilu," ucap Habib Aboe.

Baca juga : Golkar dan PAN Merapat ke Prabowo, Demokrat Junjung Tinggi Kompetisi Sehat

Golkar bersama PAN resmi mendukung Prabowo pada Pilpres 2024 melalui deklarasi bersama. Artinya, poros Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) kini diisi empat partai, yakni Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN.

Bergabungnya Golkar dan PAN ke koalisi KKIR secara tidak langsung membuat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bubar. Sebab, satu anggota KIB lainnya yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memilih merapat ke PDI Perjuangan yang mengusung bakal capres Ganjar Pranowo.(MGN/Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat