visitaaponce.com

Pengamat Jokowi Jadi Dirigen Deklarasi Koalisi Besar Pendukung Prabowo

Pengamat: Jokowi Jadi Dirigen Deklarasi Koalisi Besar Pendukung Prabowo
Presiden RI Joko Widodo (tengah) didampingi sejumlah ketua umum partai politik seusai silaturahmi di Kantor PAN, Jakarta, April 2023.(MI/Susanto)

DIDEKLARASIKANNYA koalisi besar yang mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) mengindikasikan mesin politik di lingkaran Istana Presiden sedang dijalankan.

Bersatunya keempat partai, yakni Gerindra, PKB, PAN dan Golkar tidak terlepas dari pengaruh Presiden Jokowi.

Pengamat politik Ujang Komarudin menyebut bahwa Jokowi merupakan aktor utama lahirnya koalisi besar tersebut.

Baca juga : Prabowo Sebut Jokowi Hormati Independensi dan Hak Tiap Parpol

Sejak jauh hari wacana itu sudah ada dan damai diperbincangkan.

"Kelihatannya koalisi ini dibentuk atas arahan Jokowi, kan format koalisi besar ini susah sesuai dengan format dulu ketika ketemu di DPP PAN itu yang dimotori Jokowi. Dan dirigennya Jokowi. Jadi terbentuk koalisi besar itu, yaitu mendukung Prabowo dengan masuknya PAN dan Golkar," ujarnya kepada Media Indonesia, Minggu (13/8).

Baca juga : Manuver Golkar dan PAN Dinilai Mengejutkan

Ujang menyebut bahwa keterlibatan Jokowi tentu tidak berakhir dipembentukan koalisi. Dalam menentukan cawapres pendamping Prabowo juga pasti ada arahan dari Presiden.

Lebih lanjut, dia menjelaskan dengan terbentuknya koalisi besar tentu dinamika berikutnya adalah penentuan cawapres. Dari ketiga partai pendukung selain Gerindra tentu memiliki nama-nama bakal cawapres. Akan tetapi, lagi-lagi pengaruh Jokowi lebih besar di dalamnya.

Ujang menyebut ada dua skema penentuan cawapres sesuai arahan Jokowi. Pertama ada nama Erick Thohir yang juga didukung partai koalisi. Skema kedua adalah mengusung Gibran Rakabuming bila MK memutuskan batas minimum capres dan cawapres bisa berusia 35 tahun.

"Di situlah akan kelihatan bahwa baik Cak Imin, Airlangga maupun Zulhas ikut Jokowi. Maka bisa jadi Gibran jadi bakal cawapres atau Erick Thohir," imbuhnya. (Z-4)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat