visitaaponce.com

BRIN Anggap Koalisi Ganjar dan Anies Merupakan Sebuah Kejutan Besar

BRIN Anggap Koalisi Ganjar dan Anies Merupakan Sebuah Kejutan Besar
Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo(Antara)

PDIP membayangkan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo bisa bergabung.

Menanggapi itu, Peneliti Senior Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Lili Romli menyebut jika itu terjadi, maka menjadi suatu kejutan yang luar biasa.

“Bergabungnya kekuatan nasionalis dan Islam. Sudah saatnya memang dua kekuatan itu bersatu sehingga polarisasi dan fragmentasi masyarakat bisa berkurang, bahkan mungkin tidak ada lagi polarisasi,” terang Lili kepada Media Indonesia, Senin (21/8). 

“Jika mereka bergabung, saya kira, selain untuk menaikan elektabilitas juga sebagai respon atas koalisi besar yang ada pada pendukung PS (Prabowo Subianto),”paparnya.

Baca juga : Cawapres Anies, PKS: Jangan Menunggu yang tidak Pasti

Lili menilai adanya kemungkinan PDIP untuk bergabung bersama Koalisi Perubahan bukan karena putus asa. Namun, bisa juga menjadi strategi politik untuk mendapat dukungan yang luas dari kalangan Islam.

Baca juga : Anies Baswedan Cari Momentum Umumkan Bakal Cawapres

“Kedua, bisa juga PDIP ingin hattrick sebagai pemenang dalam mengusung capresnya,” ucap Lili.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah membayangkan Anies Baswedan dan Ganjar bisa bergabung. Hal ini merespons survei Litbang Kompas pada simulasi dua capres atau head to head

“Apalagi jika keduanya bisa bergabung menjadi satu kekuatan, tentu akan makin bagus buat masa depan kepemimpinan nasional kita kedepan, sama sama masih muda, cerdas, dan enerjik," kata Said saat dihubungi.

Said mengakui Anies bukan kompetitor yang patut diremehkan. Anies dengan Ganjar dinilai sosok calon pemimpin yang cerdas. 

"Keduanya juga sama-sama dalam satu almamater, kampus terhebat di Indonesia, yakni Universitas Gajah Mada," ujar Said. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat