visitaaponce.com

TKI di Malaysia dan Arab Saudi jadi Korban Korupsi di Kemnaker

TKI di Malaysia dan Arab Saudi jadi Korban Korupsi di Kemnaker
Dugaan korupsi di Kemnaker disebut merugikan TKI di Malaysia dan Arab Saudi.(dok. Kemnaker)

TENAGA kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dan Arab Saudi disebut terdampak korupsi di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mengusut dugaan itu.

"Yang kena imbas dan dampak akibat pengadaan itu,para tenaga kerja Indonesia yang ditempatkan di Malaysia dan Saudi Arabia," kata sumber MGN yang mengetahui perkara ini, Selasa (22/8).

Sumber kami menyebut KPK masih melakukan analisis mendalam untuk mengusut tuntas permasalahan itu. Terpisah, Lembaga Antirasuah mengamini kasus itu bukan suap menyuap tapi masuk dalam kategori kerugian negara.

Baca juga: Sistem yang jadi Ladang Korupsi di Kemnaker Ternyata untuk Menjaga TKI di Luar Negeri

Sebelumnya, KPK menjelaskan jenis sistem dalam dugaan rasuah pada proteksi tenaga kerja Indonesia (TKI). Program itu merupakan bagian dari upaya pengawasan pemerintah terhadap masyarakat yang mengadu nasib di luar negeri.
 
"Iya untuk mengendalikan, tadi, pengawasan TKI. TKI kan tentu bukan di dalam negeri, ada di luar negeri," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa, 22 Agustus 2023.

Baca juga: Korupsi Pengadaan Sistem Proteksi TKI Rugikan Negara

Kasus ini sudah ada di tahap penyidikan. KPK telah menetapkan tiga tersangka yang terlibat.
 
Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengembangan Kemnaker I Nyoman Darmanta disebut terlibat dalam kasus ini. KPK memastikan perkara ini bukan suap karena menemukan adanya kerugian negara. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat