visitaaponce.com

Rencana Pertemuan Puan-Paloh Tidak Akan Ganggu Poros Koalisi

Rencana Pertemuan Puan-Paloh Tidak Akan Ganggu Poros Koalisi
Pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh(MI)

PENELITI senior Pusat Riset Politik (PRP) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor menilai rencana pertemuan antara Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tidak bakal mengganggu tiga poros koalisi yang sudah tercipta saat ini. Ia menyangsikan terciptanya poros baru yang lahir antara pertemuan dua tokoh tersebut.

"Saya kira dinamika yang ada itu tidak akan memengaruhi signifikan pemetaan politik yang sudah ada saat ini. Jadi, pola tiga koalisi kelihatannya akan ada," terang Firman saat dihubungi Media Indonesia dari Jakarta, Rabu (30/8).

Ketiga poros yang dimaksud Firman adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Poros Anies diketahui diusung oleh Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS lewat Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Sedangkan PDI Perjuangan sebagai kekuatan utama poros Ganjar dengan dukungan PPP.

Baca juga: Puan Maharani Segera Temui Surya Paloh

Adapun poros Prabowo didukung Koalisi Indonesia Maju yang beranggotakan Partai Gerindra, PKB, Partai Golkar, dan PAN. Firman menjelaskan, poros baru sulit tercipta. Sebab, proses politik yang telah melahirkan tiga poros tersebut tidak terjadi dalam waktu singkat. "Proses ini kan bukan proses tadi siang, proses panjang."

Di sisi lain, ia mengatakan peristiwa politik yang terjadi seperti rencana pertemuan Puan dan Paloh harus dapat dimaknai baik dalam konteks alasan pertemuan dan tindak lanjutnya. Tanpa kedua elemen tersebut, pertemuan Puan dan Paloh hanyalah silaturahim biasa.

Baca juga: Surya Paloh Ragukan Hasil Survei terkait Anies Baswedan

"Kalau efeknya sekadar potret-potret, sekadar pernyataan, ya, sudahlah, lupakan. Enggak akan ada apa-apa," ujarnya.

Firman berpendapat, pertemuan elite politik lain di samping Puan dan Paloh bakal lebih sering terjadi. Pertemuan model itu, lanjutnya, bertujuan untuk membangun komunikasi agar Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan menciptakan suasanya yang lebih rileks.

Sebelumnya, rencana pertemuan antara Puan dan Paloh diungkap oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai bersilaturahim dengan Media Indonesia. Ia menyebut pertemuan itu bakal digelar dalam waktu dekat.

"Hubungan Mbak Puan dan Bang Surya, seperti yang dikatakan Bang Surya sendiri, itu sudah seperti anak dan bapak. Sehingga saling berkomunikasi itu sangat penting, saling berdialog bagi masa depan bangsa dan negara," aku Hasto. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat