visitaaponce.com

Presiden Jokowi Sebut ASEAN Kunci Pusat Pertumbuhan Dunia

Presiden Jokowi Sebut ASEAN Kunci Pusat Pertumbuhan Dunia
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) Presiden Korea Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone saling bersalaman(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menilai peran ASEAN sebagai epicentrum of growth atau pusat pertumbuhan dunia telah tepat meski Myanmar masih dilanda konflik politik. 

"Karena ditengah rivalitas dan ketegangan geopolitik dunia ini butuh poros agar tetap berputar pada jalurnya," ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers usai menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis, 7 September 2023.  

Baca juga : KTT ke-43 ASEAN Tekankan Ketahanan Ekonomi

Presiden yakin ASEAN memiliki potensi besar untuk menjadi poros pertumbuhan dunia. Salah satunya dengan adanya bonus demografi. 

Baca juga : KTT Asia Timur Hasilkan Pernyataan Bersama. Ini Isinya

"Stabilitas politik juga terjaga," bebernya.

Disamping itu, Presiden mengingatkan seluruh pemimpin ASEAN dan negara mitra untuk tidak menciptakan konflik baru. Ia pastikan konflik yang berkepanjangan hanya akan membuat dunia hancur. 

"Saya pastikan dunia ini akan hancur jika konflik dan ketegangan di suatu tempat dan di bawa dan dijadikan tarik menarik ditempat lain," tegasnya. (MGN/Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat