visitaaponce.com

Berharap Perjalanan Politik Dimudahkan, Cak Imin Mulai Perjalanan Tour de Wali Songo

Berharap Perjalanan Politik Dimudahkan, Cak Imin Mulai Perjalanan Tour de Wali Songo
KETUA Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.(MI/Adam Dwi)

BAKAL calon wakil presiden (bacawapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Muhaimin Iskandar memulai perjalanan 'Tour de Wali Songo' pada Jumat (8/9).

Dalam agenda perjalanan yang dijadwalkan berlangsung pada 8-10 September ini, Cak Imin -sapaan akrab Muhaimin- bersama para rombongan dan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan melakukan ziarah ke seluruh makam para wali di seluruh pulau Jawa.

"Hari ini kita mulai perjalanan tour de wali ke wali 9 di Jawa. Tapi sebetulnya sekaligus kepada wali-wali di seluruh nusantara, di mana ulama, raja, menyatu di dalam satu perjuangan menjadikan Indonesia ini lahir dan menjadi nusantara yang luas seperti ini," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jumat (8/9).

Baca juga: Tim Anies-Cak Imin Menata Strategi untuk Raup Suara Nahdliyin

Cak Imin mengatakan, Tour de Wali Songo ini dilakukan untuk mendekatkan diri kepada auliya sekaligus memohon kepada Allah SWT agar perjuangan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) khususnya pada kontestasi Pemilihan Umum 2024 diberi kemudahan.

"Saya instruksikan pengurus dan pejuang kader PKB kunjungi wali wali di mana pun berada wali itu, minta restu dan minta doa agar perjuangan PKB lancar sukses bermanfaat merubah Indonesia lebih baik," ujarnya.

Baca juga: KPK Sebut Peran Cak Imin Membantu Penyelidikan Kasus Korupsi di Kemnaker

Lebih jauh, Cak Imin berharap Tour de Wali Songo ini juga bisa menjadi spirit awal bagi para kader PKB dalam menyatukan Indonesia dengan mengikuti perjuangan dan teladan para wali.

"Wali-wali ini berhasil mengasimilasikan ajaran agama dengan budaya lokal, ajaran agama tidak berbenturan dengan realitas kultur tradisi yang ada di lokal. Pelajaran ini penting untuk membangun agar persatuan ini semakin kokoh dan untuk menyiapkan bagi perjalanan pembangunan," tutur Muhaimin.

Dalam kesempatan itu, Muhaimin juga menyinggung nama Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sebagai wali, karena selama hidupnya diabdikan untuk bangsa.

"(Kita) harus terus menjadi pewaris perjuangan mereka, dan wali sembilan ini ditambah satu wali lagi, Gus Dur InsyaAllah menjadi wali yang paling kontekstual karena mengabdikan dirinya untuk bangsa dan rakyatnya," sebutnya.

Meskipun ini menjadi program kegiatan PKB, namun Muhaimin menyebut dirinya bersama rombongan dijadwalkan akan bertemu dengan pasangannya di Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan di beberapa titik dalam rangkaian Tour de Wali Songo.

"Pak Anies akan bergabung di satu titik, nanti saya belum tahu pasti dimana dengan mas Anies akan berkumpul, tapi InsyaAllah ada satu titik, dua titik yang pak Anies bergabung," tukasnya. (Rif/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat