visitaaponce.com

TNI AL Pastikan Modernisasi Alutsista

TNI AL Pastikan Modernisasi Alutsista
Prajurit Korps Marinir TNI AL melakukan penembakan Meriam Howitzer pada Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2023.(ANTARA/BUDI CANDRA SETYA)

TENTARA Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) memastikan modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) demi menjaga keamanan wilayah Tanah Air.

Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengakui banyak alutsista yang dimiliki tergolong sudah tua, sedangkan perkembangan teknologi semakin pesat.

"Karenanya terus dilakukan modernisasi meliputi teknologi, sensor, persenjataan dan lain-lain yang diperlukan oleh satuan di laut maupun batalyon maritim dan pangkalan angkatan laut," katanya seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: Pagelaran Teater Laksamana Malahayati Warnai Peringatan HUT Ke-78 TNI AL

Selain itu, Ali mengatakan, secara bertahap juga dilakukan pengadaan alutsista yang baru, termasuk memperbanyak kapal perang, mengingat wilayah laut Indonesia yang begitu luas.

"Paling utama yang dibutuhkan tentunya kapal perang. Harus diperbanyak lagi karena lautan kita sangat luas," ujarnya.

Menurutnya, kapal perang yang dimiliki TNI AL saat ini masih kurang. "Sementara pengadaan berlangsung, kondisi kapal-kapal yang sudah tua harus kita modernisasi dan diremajakan," ujarnya.

Baca juga: TNI AL Kerahkan 10 Armada Perang untuk Amankan KTT ASEAN

Selain kapal perang, TNI AL juga melakukan pengadaan alutsista yang dibutuhkan pasukan marinir, seperti kendaraan angkut dan tank amfibi.

Pengadaan lainnya meliputi peralatan kecanggihan teknologi, seperti drone dan sebagainya.

Kasal mengatakan yang tak kalah penting untuk terus dilakukan adalah meningkatkan performa dan kemampuan seluruh prajurit TNI AL yang dituntut harus selalu siap menjaga negara kesatuan Republik Indonesia dari ancaman perang di era modern. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat