visitaaponce.com

PAN Prabowo Deklarasi Cawapres sebelum 10 Oktober

PAN: Prabowo Deklarasi Cawapres sebelum 10 Oktober 
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat mengumumkan nama koalisi pendukungnya yakni Koalisi Indonesia Maju (KIM)(Medcom/Fachri Audhia Hafiez )

WAKIL Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi memastikan, bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto, akan segera mendeklarasikan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dengan agenda pendaftaran Capres-Cawapres yang akan dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 10 Oktober, Viva menyebut bahwa Prabowo akan mengumumkan cawapresnya sebelum pendaftaran dibuka.

"Sebelum 10 Oktober 2023 akan diumumkan. Jadi pintu KPU nantikan di buka 10 Oktober 2023, sebelum pintu KPU dibuka Koalisi Indonesia Maju sudah mengumumkan pasangan calon Pak Prabowo," kata Viva di Kantor DPP PAN, Selasa (12/9).

Baca juga: Gerindra: Kalau Jodoh, Demokrat Gabung Dukung Prabowo

Dijelaskan Viva, berdasarkan perkembangan di KIM saat ini masing-masing partai pengusung Prabowo sudah mengusulkan sejumlah nama untuk mendampingi Menteri Pertahanan itu berkontestasi di Pilpres 2024.

Disebutnya, PAN menyodorkan nama Menteri BUMN Erick Thohir, sementara Golkar menyodorkan nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan PBB menyodorkan nama Yusril Ihza Mahendra selaku Ketua Umum PBB.

Baca juga: Koalisi Indonesia Maju: Bocoran Cawapres Prabowo Masih Digodok

"Segala keputusan yang pasti nanti akan diselesaikan berdasarkan rapat secara kekeluargaan yang berasaskan musyawarah mufakat, kolektif dan kolegial," ujarnya.

Disinggung terkait sosok seperti apa yang cocok mendampingi Prabowo di Pilpres 2024, Viva menjawab, dengan sejumlah hasil survei yang menggambarkan persaingan ketat antara 3 bacawapres (Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo) tentu figur yang memiliki elektabilitas yang bagus menjadi sosok yang pas untuk menemani Prabowo.

"Bagi PAN konfigurasi Pilpres 2024 ini memang berbeda dengan sebelumnya. Pertama dari hasil survei menunjukkan bahwa perolehan elektabilitas nilai (ketiga) capres tidak jauh berbeda selisihnya. Hal itu kemudian menyebabkan faktor dari cawapres menjadi faktor yang penting untuk menambah nilai elektoral," tutur Viva.

"Jadi cawapres (Prabowo) bagi PAN itu harus dapat memberikan kontribusi elektoral pada pasangannya yaitu capres. Atas dasar itu kami berharap mendapatkan perolehan suara yang besar dan memenangi Pilpres 2024," tukasnya. (Rif/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat