visitaaponce.com

Anies Nilai KPK Harus Independen seperti Dahulu

Anies Nilai KPK Harus Independen seperti Dahulu
Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan(MI/Susanto )

BAKAL calon presiden (capres) Anies Baswedan menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus independen seperti dulu. Khususnya sebelum revisi Undang-Undang KPK disahkan.

"KPK harus independen lagi seperti dulu, ya," kata Anies dalam program Mata Najwa on Stage dengan tema 3 Bacapres Bicara Gagasan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa, 19 September 2023.

Anies menuturkan revisi Undang-Undang KPK membuat independensi KPK dipertanyakan. Salah satunya saat pegawai KPK diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Baca juga: KPK Tahan Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan

"Konkretnya, ketika ada revisi yang membuat staf KPK, karyawan KPK menjadi ASN sebagaimana ASN yang lain otomatis mereka tidak lagi memiliki ruang untuk mandiri," ucap Anies.

Selain itu, posisi KPK yang di bawah Presiden langsung. Menurut Anies, posisi itu membuat KPK tidak bebas.

Baca juga: Anies Tekankan Gerakan Perubahan Bukan Berarti Membatalkan Kebijakan

"Posisinya di bawah presiden, bila di bawah presiden dan diberikan ruang yang bebas maka itu lain. Tapi kita tidak pernah tahu siapa presiden di masa yang akan datang, apakah akan selalu memberikan ruang untuk menjalankan tugasnya sesuai kewenangannya," ujar Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meyakini KPK masih diisi oleh orang-orang yang berintegritas. Oleh karena itu, Anies pun bersedia ketika diperiksa penyidik KPK terkait kasus Formula E Jakarta.

"Saya percaya bahwa sejauh ini terkait dengan pelaporan-pelaporan itu semua mereka jalankan itu sesuai dengan prinsip-prinsip yang benar. Kenapa? masih banyak orang-orang baik yang bertahan yang selalu menjaga integritas di dalam tubuh KPK, itu harapan kita, itu andalan kita," tegas Anies. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat