visitaaponce.com

Anggaran Sedikit, Jokowi Ingatkan Perlu Prioritas Pembelian Alutsista

Anggaran Sedikit, Jokowi Ingatkan Perlu Prioritas Pembelian Alutsista
Parade alutsista tersebu dalam rangka HUT ke-78 TNI.(MI/Usman Iskandar)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi menekankan perlu skala prioritas dalam pembelian Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista). Menurutnya modernisasi alutsista memang diperlukan, tetapi keuangan negara terbatas sehingga pembeliannya harus dilakukan secara bijak.

"Iya mesti ada skala prioritas. Alutsista itu penting tetapi dilihat apakah ada yang lebih penting. Apakah kita akan perang jadi didahulukan yang mana, yang skala prioritas yang mana," tutur Jokowi seusai menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10).

Baca juga: DPR Dorong TNI dan Polri Manfaatkan Produk Industri Pertahanan Dalam Negeri

Modernisasi alutsista, terang Jokowi, akan lebih baik menjadi bagian dari pengembangan industri pertahanan dalam negeri. Didalamnya, terang meliputi adanya transfer teknologi, peningkatan sumber daya manusia (SDM), serta mengutamakan penggunaan produk dalam negeri.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang terbatas, tegasnya, juga dibutuhkan untuk kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Anggaran Terbatas, Presiden: Modernisasi Alutsista Harus Dilakukan dengan Bijak

"Keuangan negara, anggaran negara, apbn kita sangat terbatas dan utk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar. sehingga belanja alutsista harus dilakukan bijak, baik caranya maupun peruntukannya," tegas Jokowi.

Pada acara itu, TNI menampilkan koleksi alutsista dari tiga matra yakni angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara. Jokowi menilai alutsista yang dimiliki oleh TNI sudah cukup komplit. Meski demikian ia mengakui masih banyak yang perlu diperbaiki dan dievaluasi.

"Saya pikir bisa dilihat sendiri, bisa dinilai sendiri. Ditampilkan tadi sudah sangat komplit lah meski itu baru sebagian kecil tapi sudah menunjukkan kurang lebih kekuatan kita seperti apa. Memang masih banyak yang perlu kita perbaiki, perlu kita evaluasi tapi secara umum saya kira bagus," ucapnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat