visitaaponce.com

Survei Elektabilitas Anies Baswedan Tertinggi di Madura

Survei: Elektabilitas Anies Baswedan Tertinggi di Madura
Anies Baswedan menyampaikan sambutan saat mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Islam, Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Kamis (28/9).(ANTARA/SENO)

LEMBAGA survei Poltracking Indonesia memetakan elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) di beberapa daerah di Jawa Timur (Jatim). Elektabilitas Anies Baswedan tertinggi di Madura.

"Di Madura Anies Baswedan 44,8 persen, Prabowo 42,5 persen, dan Ganjar terekam sangat kecil 9,2 persen," kata Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi dalam rilis survei secara daring, Rabu (11/10).

Area Madura meliputi Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Sebaran klaster pemilih di Madura mencapai sembilan persen dari wilayah aglomerasi-kultural lainnya di Jatim.

"Yaitu Mataraman, Arek, Tapal Kuda, dan Pantura," papar Arya.

Baca juga: NU Jadi Kunci Penting untuk Menang di Pilpres 2024

Sementara itu, Arya menilai arena tempur perebutan suara di Jawa Timur berada di Arek. Sebab, elektabilitas ketiga bacapres di wilayah itu cukup sengit.

"Anies Baswedan 12,5 persen, Prabowo Subianto 36,9 persen, dan Ganjar Pranowo 43,1 persen," ujar dia.

Arek meliputi Jombang, Malang, Kota Malang, Mojokerto, dan Kota Mojokerto. Selanjutnya Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kota Batu.

Baca juga: Surya Paloh, Anies-Imin, dan Last Battle

Meski begitu, Arya mengingatkan angka tersebut masih dinamis. Hal itu ditentukan oleh berbagai faktor seperti calon wakil presiden dan strategi masing-masing kandidat.

"Apakah Madura misalnya nanti menebal ke Anies, Arek bisa ke Ganjar atau Prabowo, atau sebaliknya, kita tidak tahu," tutur dia.

Survei Poltracking Indonesia dilakukan pada 25 September-1 Oktober 2023. Survei melibatkan 1.000 orang yang telah memiliki hak pilih atau di atas 17 tahun.

Survei dilakukan dengan metode sampel multistage random sampling. Memiliki toleransi kesalahan margin of error (MoE) sekitar ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat