visitaaponce.com

Jokowi Telah Berikan Izin Cuti Mahfud Daftar Jadi Cawapres

Jokowi Telah Berikan Izin Cuti Mahfud Daftar Jadi Cawapres
Pasangan capres-cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD(MI/Usman Iskandar )

KOORDINATOR Staf Khusus (Stafsus) Presiden Ari Dwipayana mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memberikan izin pada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Mahfud MD). Mahfud pada Rabu (18/10), telah mengajukan surat pengajuan cuti untuk mendaftar sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres), besok (19/10).

"Bapak Presiden telah memberikan persetujuan atas dua surat yg disampaikan Pak Mahfud MD tadi sore," ujar Ari melalui keterangan tertulis, Rabu (18/10).

Persetujuan presiden, ujarnya, meliputi persetujuan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan untuk dicalonkan oleh partai politik (parpol) atau gabungan parpol sebagai cawapres pada Pilpres 2024. Selain itu, sambungnya, presiden juga memberikan persetujuan izin cuti Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan untuk 19 Oktober 2023 melaksanakan pendaftaran capres.

Baca juga: Respons Ganjar-Mahfud, Kubu Pendukung Prabowo Enggan Bicara Saingan

Persetujuan Presiden tersebut merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) No. 19 Tahun 2023 tentang Pencalonan Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, surat persetujuan presiden telah diproses secara administratif oleh Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara). Telah disampaikan oleh Mensesneg melalui surat (Mensesneg kpd Menko Polhukam, dengan tembusan ke KPU RI dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI," tukas Ari.

Baca juga: Anies Ucapkan Selamat ke Mahfud, Siap Adu Gagasan

Mahfud mengajukan 3 surat pada presiden. Pertama, Surat Permohonan Persetujuan untuk mendaftar sbg Cawapres. Surat itu tertanggal 18 Oktober 2023. Kedua, Surat Permohonan Persetujuan Cuti 1 hari pada 19 Oktober 2023 untuk mendaftar sebagai calon wakil presiden (cawapres), tanggal surat 18 Oktober 2023 dan ketiga, Surat Permohonan menghadap presiden untuk melaporkan menjadi Cawapres, tanggal surat 18 Oktober 2023. Saat ini Presiden Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja ke Tiongkok dan Arab Saudi. Presiden dijadwalkan kembali ke tanah air Sabtu (21/10).

"Sedangkan permohonan menghadap bapak presiden akan dijadwalkan, setelah Bapak Presiden kembali ke tanah air dari kunjungan kerja ke Beijing dan Riyadh," ujar Ari.

Seperti diberitakan, Mahfud MD diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berpasangan dengan calon presiden Ganjar Pranowo untuk pemilihan 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka pendaftaran capres-cawapres, besok (19/10). (Ind/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat