visitaaponce.com

Anies-Gus Muhaimin Tes Kesehatan di RSPAD Besok

Anies-Gus Muhaimin Tes Kesehatan di RSPAD Besok
Pasangan bacapres-bacawapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.(MI/Usman Iskandar)

ANIES Baswedan dan Muhaimin Iskandar dijadwalkan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, besok, Sabtu (21/10). Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan dua hari setelah pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) itu mendaftar ke Kantor KPU RI pada Kamis (19/10).

"Besok tanggal 21 pasangan Amin (Anis-Gus Muhaimin) tes kesehatan," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya saat dikonfirmasi, Jumat (20/10).

NasDem menjadi salah satu partai pengusung Amin yang tergabung dalam KPP bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Gabungan partai politik itu menjadikan Amin sebagai pasangan pertama yang dideklarasikan dan didaftarkan ke Kantor KPU RI.

Baca juga: Pasangan Amin Optimis Mampu Arungi Tantangan Kontestasi Pemilu 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan itu nantinya akan menentukan mampu tidaknya calon untuk menjalankan tugas sebagai presiden maupun wakil presiden selama menjabat dalam periode 2024-2029.

Ia menjelaskan, setiap calon harus menjalani puasa terlebih dahulu karena tim dokter bakal mengetes kesehatan berdasarkan air seni maupun darah. Selain kesehatan jasmani, para calon juga bakal dites kesehatan rohaninya.

Baca juga: Anies Minta tidak Ada Lagi Politik Identitas

"Sehingga instrumen-instrumennya untuk memeriksa dengan berbagai indikator maupun metode tertentu yang sudah ditentukan untuk mengetahui seseorang itu secara rohani dan jasmani mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden untuk satu periode ke depan," jelas Hasyim.

Hasyim mengatakan pemeriksaan kesehatan bakal dimulai sejak pagi. Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen Albertus Budi Sulistya mengatakan pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan Amin bakal dimulai sekitar pukul 07.00 WIB.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat