visitaaponce.com

Bawaslu Ingatkan Netralitas Dokter RSPAD

Bawaslu Ingatkan Netralitas Dokter RSPAD
Ilustrasi--Capres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar saat akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD(MI/ Moh Irfan)

KETUA Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengingatkan netralitas tim dokter Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, saat proses pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang dimulai hari ini, Sabtu (21/10). Prajurit TNI, sebagaimana halnya anggota Polri, dilarang memilih dan mesti bersikap independen.

"TNI/Polri enggak boleh memilih dan tidak boleh calonkan diri, yang sekarang periksa kan tim dokter RSPAD dan banyak yang tentara nasional dan bahkan dokter," ujar Bagja di RSAD, Jakarta.

Bagja mengakui pihaknya tidak mendapatkan daftar nama dokter yang memeriksa kesehatan bakal calon presiden dan wakil presiden. Namun, ia akan berkoordinasi untuk memastikan independensi tim pemeriksa tetap terjaga. Sebab, potensi pelanggaran dalam setiap tahapan tetap ada.

Baca juga : Bawaslu Akui Sulit Tindak dan Awasi Netralitas Presiden Jokowi di Pemilu 2024

"Dalam prosesnya, ada potensi, kemudian munculah Bawaslu awasi netralitas ASN TNI/Polri, potensi tetap ada untuk pelanggaran," tandas Bagja.

Sebelumnya, permintaan agar tim pemeriksa kesehatan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk independen dan imparsial disampaikan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Sejak Pemilu 2004, IDI selalu dilibatkan dalam tes pemeriksaan kesehatan calon pemimpin negeri.

Menurut PB IDI, status kesehatan calon presiden dan wakil presiden tidak harus bebas dari penyakit maupun kecacatan. Setidaknya, para calon harus dapat melakukan kegiatan fisik sehar-hari secara mandiri tanpa hambatan yang bermakna dan tidak memiliki penyakit yang diperkirakan bakal mengakibatkan kehilangan kemampuan fisik dalam lima tahun ke depan. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat