visitaaponce.com

Besok Terakhir Pendaftaran, KPU belum Terima Pemberitahuan dari Prabowo

Besok Terakhir Pendaftaran, KPU belum Terima Pemberitahuan dari Prabowo
Jelang penutupan pendaftaran, KPU mengaku belum menerima surat pemberitahuan dari bakal capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju.(MI/Usman Iskandar)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI bakal menutup pendaftaran pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Rabu (25/10). Namun, sampai saat ini KPU belum menerima pemberitahuan mengenai rencana pendaftaran bakal capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Sampai jam 10:27 WIB, KPU belum menerima surat pemberitahuan dari gabungan parpol KIM (Koalisi Indonesia Maju)," kata anggota KPU RI Idham Holik melalui keterangan tertulis, Selasa (24/10).

Partai politik atau gabungan partai politik mesti menginformasikan KPU ihwal rencana pendaftaran pasangan calon minimal satu hari sebelum hari pendaftaran. Idham berharap, KIM dapat memberitahuakan rencana pendaftaran Prabowo-Gibran ke pihaknya dengan sampai sore ini.

Baca juga: KPU Belum Terima Surat Resmi Pendaftaran Prabowo-Gibran

Menurutnya, surat pemberitahuan itu dipersyaratkan sebagai acuan resmi bagi KPU untuk mempersiapkan prosesi penerimaan pendaftaran pasangan bakal capres-cawapres, termasuk soal keamanan. "Untuk kepentingan koordinasi dengan Polri," tandas Idham.

Pada hari terakhir pendaftaran, KPU membuka layanan sejak pukul 08.00 sampai 23.59 WIB.

Baca juga: Prabowo-Gibran akan Daftar ke KPU di Hari Terakhir

Diketahui, KPU sudah menerima pendaftaran dua pasangan bakal capres-cawapres pada hari pertama pendaftaran, Kamis (19/10). Pasangan pertama yang mendaftar adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Koalisi itu terdiri dari Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Adapun pasangan bakal capres-cawapres yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menjadi yang kedua mendaftar ke Kantor KPU RI, Jakarta. Selain PDI Perjuangan, pasangan tersebut juga diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat