visitaaponce.com

Prabowo-Gibran akan Daftar ke Kantor KPU RI pada Pagi Ini

Prabowo-Gibran akan Daftar ke Kantor KPU RI pada Pagi Ini
Calon Presiden Prabowo Subianto(MI/Usman Iskandar)

MENTERI Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bakal didaftarkan sebagai pasangan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) pada hari terakhir pendaftaran, Rabu (25/10). Keduanya bakal tiba di Kantor KPU RI, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB.

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan pihaknya telah menerima surat pemberitahuan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), koalisi pengusung Prabowo-Gibran, Selasa (24/10) sore. 

Selain Partai Gerindra, KIM terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, dan teranyar, Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Baca juga: Pengamat Nilai Gibran Masih Minim Pengalaman

"Dalam surat pemberitahuan tersebut, bakal pasangan capres-cawapres akan didaftarkan pada pukul 10.00 WIB oleh gabungan parpol KIM," ujar Idham.

AFP/ARIP--Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka

Prabowo-Gibran menjadi pasangan ketiga sekaligus terakhir yang didaftarkan oleh gabungan partai politik peserta Pemilu 2024 sebagai bakal capres-cawapres. 

Sebelum tiba di Kantor KPU RI, keduanya akan bertemu di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Baca juga: Soal Politik Dinasti, Prabowo : Semua Partai Berpolitik Dinasti, Termasuk PDIP

Mereka akan berangkat bersama ketua umum partai politik yang tergabung dalam KIM ke Indonesia Arena di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) untuk menyapa para pendukung dan relawan. 

Menurut Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, acara di Indonesia Arena sekaligus menjadi perkenalan pertama dari pasangan Prabowo-Gibran di depan publik.

"Calon presiden dan wakil presiden akan menyapa dan akan menyampaikan pidato di hadapan para pendukungnya. Setelah dibacakan doa akan segera meninggalkan kawasan GBK untuk menuju kantor KPU," terang Muzani.

Prabowo-Gibran juga akan berkumpul di Taman Suropati bersama pendukungnya. Dari Taman Suropati ke Kantor KPU RI, yang hanya berjarak 750 meter, pasangan tersebut akan berangkat dengan diiringi kirab budaya yang mewakili kesenian dari seluruh Indonesia.

Sebelum Prabowo-Gibran, pasangan lain yang sudah mendaftar ke KPU adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Kedua pasangan itu didaftarkan oleh gabungan partai politik masing-masing di hari pertama pendaftaran pada Kamis (19/10).

Anies-Muhaimin yang dikenal dengan akronim Amin diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan, gabungan partai politik yang terdiri dari Partai NasDem, PKB, dan PKS. Sementara itu, pasangan Ganjar-Mahfud diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Perindo.

Kedua pasangan tersebut juga sudah merampungkan pemeriksaan kesehatan menyeluruh atau medical chek up di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Amin melaksanakan medical check up pada Sabtu (21/10), sedangkan Prabowo-Mahfud pada Minggu (22/10). (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat