visitaaponce.com

Polri Optimalkan Peran Bhabinkamtibmas Jaga Toleransi

Polri Optimalkan Peran Bhabinkamtibmas Jaga Toleransi
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan(MGN / Theofilus Ifan Sucipto)

POLRI mengungkapkan strategi menjaga toleransi di tengah masyarakat. Upaya itu dimulai dari tingkat terbawah melalui bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan bekerja sama dengan laporan masyarakat.

"Sehingga akar masalah yang berpotensi menjadi gangguan terdeteksi sejak dini," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam Forum Diskusi Denpasar 12 secara virtual, Rabu, (1/11). 

Ramadhan mencontohkan kasus yang melibatkan massa seperti menutup atau melarang seseorang menjalankan kegiatan agamanya. Hal itu seyogyanya bisa dicegah.

Baca juga : Tumbuhkan Nilai Toleransi di Tengah Tantangan yang Dihadapi Kebhinekaan Indonesia

"Tentu ini adalah sebuah kegiatan yang tidak menghargai toleransi umat beragama. Tentu data deteksi aparatur sebelumnya harus kuat," tegas jenderal bintang satu itu.

Baca juga : Toleransi di Indonesia Dinilai Masih Sebatas Jargon

Ramadhan menyebut kasus yang kadung pecah di masyarakat biasanya terjadi akibat daya deteksi intelijen yang lemah. Sehingga Bhabinkamtibmas selalu berupaya mengumpulkan informasi supaya kasus intoleransi dapat ditekan seminimal mungkin.

"Ketika ada sebuah tempat terjadi sebuah protes akan didirikan tempat ibadah, seharusnya aparat kepolisian dan aparat keamanan wilayah segera mengetahui dan memprediksi," ujar dia. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat