visitaaponce.com

Bawaslu Diminta Usut Pertemuan Jokowi dengan Relawan

Bawaslu Diminta Usut Pertemuan Jokowi dengan Relawan
Bawaslu diminta bergerak mengusut dugaan kecurangan Pemilu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu relawan Arus Bawah Jokowi(MGN / Theofilus Ifan Sucipto)

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta bergerak mengusut dugaan kecurangan Pemilu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu relawan Arus Bawah Jokowi di sela-sela kunjungan kerja (kunker) di Bali pada Selasa, (31/10). 

"Bawaslu semestinya turun tangan untuk sebisa mungkin meminta keterangan dari presiden, di Bali pertemuan itu apa saja yang dibicarakan? Apa bunyinya?" kata Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti di Kantor Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Jakarta Timur, Kamis (2/11). 

Ray mengatakan kunker Jokowi difasilitasi negara seperti pesawat kenegaraan. Tugas negara itu tidak boleh dimanfaatkan untuk melakukan tindakan personal.

Baca juga : Jelang Penetapan DCT, Bawaslu Larang Kampanye Sebelum 28 November 2023

"Lebih tidak boleh lagi kalau dalam pertemuan itu kenyataannya mereka menyertakan informasi tentang dukungan kepada salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden," ujar dia.

Baca juga : Bawaslu: Program Menteri Dilarang Untungkan Capres-cawapres Tertentu

Ray menyebut Bawaslu perlu memastikan bahwa pembicaraan antara Jokowi dengan relawan di Bali bebas konflik kepentingan. Sebab, Arus Bawah Jokowi belakangan menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Dukungan itu kepada salah satu calon presiden dan lebih khusus lagi anak Pak Jokowi, dalam hal ini adalah Gibran," jelas dia. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat