visitaaponce.com

Polisi Libatkan Ahli Mikro Ekspresi dalam Kasus Pemerasan SYL oleh KPK

Polisi Libatkan Ahli Mikro Ekspresi dalam Kasus Pemerasan SYL oleh KPK
Ketua KPK Firli Bahuri(MI/Susanto)

Polda Metro Jaya telah memeriksa lima saksi ahli dalam kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Salah satu ahli yang diperiksa adalah pakar mikro ekspresi.

"Ini pelibatan ahli. Sudah ada lima ahli yang kita periksa dan sudah memberikan keterangan. Salah satunya adalah ahli ataupun pakar mikro ekspresi," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Ade Safri Simanjuntak, Senin (6/11).

Ade mengatakan pakar mikro ekspresi diminta menganalisa perilaku seseorang yang diduga terlibat dalam pemerasan tersebut. Selain pakar mikro ekspresi, empat ahli lain yang diperiksa adalah tiga orang ahli pidana, dan satu ahli hukum acara.

Baca juga: Jadwal Pemeriksaan Firli Bahuri di Dewas Belum Diketahui

Hingga saat ini, polisi sudah memeriksa 72 saksi. Sejumlah sakti itu meliputi SYL selaku korban, Ketua KPK Firli Bahuri sebagai saksi yang diduga melakukan pemerasan, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, Muhammad Hatta selaku mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), 11 pegawai KPK, ajudan Firli Bahuri, Kevin Egananta yang kini telah ditarik dinas di Bareskrim Polri.

Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah melayangkan surat panggilan pemeriksaan tambahan kepada Ketua KPK Firli Bahuri. Firli diminta datang untuk menjalani pemeriksaan lanjutan pada Selasa (7/11) besok.

Baca juga: KPK Mulai Bahas Persyaratan Supervisi dengan Polda Metro Jaya Terkait Kasus Pemerasan SYL

"Jadwal pemeriksaan di hari Selasa, 7 November 2023, pukul 10.00 WIB di ruang Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, lantai 21 gedung Promoter," kata Ade.

Sebelumnya, penyidik sudah memeriksa pucuk pimpinan Lembaga Antirasuah itu di Gedung Bareskrim Polri pada 24 Oktober lalu. Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa Firli pernah bertemu dengan SYL di Lapangan Badminton GOR Tangki, Sawah Besar, Jakarta Barat pada Maret 2022.

Namun, polisi belum membeberkan apa saja pembicaraan dalam pertemuan itu. Termasuk nilai uang pemerasan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat