visitaaponce.com

Pemilih Menyukai Anies Karena Cerdas dan Kinerja Terbukti

Pemilih Menyukai Anies Karena Cerdas dan Kinerja Terbukti
Capres Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan.(Antara)

CHARTA Politika Indonesia mencatat sejumlah alasan kuat pemilih bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Salah satunya Anies yang mayoritas dipilih responden karena kecerdasannya.

"Mas Anies paling kuat diatribut cerdas dan pintar," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam rilis survei daring bertajuk 'Peta Elektoral Pasca Putusan MK dan Pendaftaran Capres-Cawapres', Jakarta, Senin, 6 November 2023.

Pada alasan cerdas dan pintar, Anies memeroleh angka 32%. Alasan tertinggi lainnya yakni kinerja terbukti/berprestasi dengan perolehan 26% dan 21% keterpilihannya karena memihak rakyat kecil.

Baca juga : Tim Pemenangan Anies Baswedan Bukan Sekadar Superhero

Kemudian, mayoritas pemilih Ganjar menganggap mantan Gubernur Jawa Tengah itu berpihak pada rakyat kecil. Jumlahnya 48%.

Dua alasan yang menyusul yakni pemilih Ganjar suka dengan karakteristik kinerja terbukti/berprestasi sejumlah 24% dan cerdas/pintar sebanyak 10%. Lalu, Prabowo dipilih 44% responden karena sikap tegasnya. "Atribut cerdas/pintar dari Prabowo mendapat 22% dan berpihak pada rakyat kecil 17%," ujar Yunarto.

Baca juga : Survei: Elektabilitas Prabowo Turun Drastis Gara-Gara Putusan Mahkamah Keluarga

Survei Charta Politika dilakukan pada 26-31 Oktober 2023 dengan melibatkan 2.400 responden yang berusia di atas 17 tahun. Responden tersebar di 34 provinsi.

Metode yang digunakan yakni wawancara tatap muka dengan teknik pengambilan multistage random sampling. Margin of error dari survei ini 2%. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat