visitaaponce.com

Koalisi Indonesia Maju Pantang Mundur Usung Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Koalisi Indonesia Maju Pantang Mundur Usung Gibran Jadi Cawapres Prabowo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat hadir pada cada Rapimnas di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu, 21 Oktober 2023.(MI)

KOALISI Indonesia Maju (KIM) menyatakan pihaknya tak akan mundur atau mengganti calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka sebagai pendamping Prabowo Subianto usai Putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Diketahui, dalam putusannya, MKMK menjatuhkan sanksi pemberhentian Anwar Usman sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi.

Menanggapi itu, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyebut MKMK sudah membuat keputusan sesuai dengan tugas dan kewenangannya. Salah satu keputusannya, kata Viva Yoga, adalah tidak mengubah atau menganulir putusan MK tentang usia karena putusan MK bersifat final dan mengikat.

Baca juga: Jokowi Sebut Pilpres Penuh Drama, Tapi Tak Merasa sebagai Aktor

“Kami akan terus maju pasangan Prabowo-Gibran, pasca putusan MK ini bagian dari proses hukum dan harus ditaati,” tegas Viva Yoga kepada Media Indonesia, Rabu (8/11).

“Yang penting ini jadi peristiwa hukum yang harus jadi catatan dalam pembangunan hukum dan demokrasi ke depan,” tambahnya.

Baca juga: Putusan MKMK Tegaskan Cacat Etik Pencawapresan Gibran

Menurutnya, proses putusan MK tidak akan mempengaruhi legitimasi Gibran sebagai bacawapres. “Karena putusan MK soal batas usia yang paling rendah dari 35 ke 40 tahun, saya sebagai anggota pansus 2 kali UU pemilu tahun 2012 dan 2017 saat itu suasana kebatinan pembahasan tidak krusial,”tuturnya.

“35 tahun diputuskan tanpa ada diskusi yang panjang begitupun 40. Jadi kondisi saat ini MK membuat upaya progresif, menilai usia bukan kuantitatif, tapi kualitatif,” ujarnya.

Viva Yoga menegaskan Hakim MK dapat menerjemahkan sosok Gibran yang dinilai punya integritas, pengalaman, karakter dan mewakili kaum milenial dalam putusan MK yang final dan mengikat.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat