visitaaponce.com

Panglima TNI Minta Purnawirawan tak Ajak Prajurit Aktif Terlibat Politik Praktis

Panglima TNI Minta Purnawirawan tak Ajak Prajurit Aktif Terlibat Politik Praktis
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono(MI/R Muhammad Zen)

PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono mengimbau para purnawirawan TNI agar tidak mengajak serta prajurit TNI aktif untuk terlibat tim sukses pemenangan calon presiden (capres) calon wakil presiden (cawapres).

"Silahkan untuk sesuai dengan hak pilihnya, namun kami juga memohon untuk tidak mengajak kami-kami yang masih netral ini. Karena TNI, saya yakin beliau-beliau tahu bahwa kami ini di pihak yang netral," ungkap Yudo.

Yudo meminta seluruh purnawirawan tidak merecoki para prajurit untuk terlibat politik praktis. Namun, Yudo tak mempermasalahkan jika para purnawirawan itu bergabung dalam timses capres.

Baca juga : Bawaslu Akui Sulit Tindak dan Awasi Netralitas Presiden Jokowi di Pemilu 2024

Pasalnya, purnawirawan sudah memiliki hak menentukan pilihan politik karena tak lagi menjadi prajurit aktif.

"Kami juga tidak bisa melarang itu. Karena memang beliau-beliau sudah memiliki hak pilih untuk itu, menentukan haknya," ujar Yudo.

Sebelumnya, wakil Ketua Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Utut Adianto, mengusulkan pembentukan panitia kerja (panja) netralitas TNI.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan siap terhadap usulan itu. "Siap dong ini semuanya kalau untuk kebaikan," kata Yudo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11). 

Yudo meyakini tujuan pembentukan panja untuk hal positif. Terlebih untuk membuktikan bahwa netralitas TNI terjaga. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat