visitaaponce.com

Mediasi Irman Gusman jadi calleg DPD kandas

Mediasi Irman Gusman jadi calleg DPD kandas
Gedung Bawaslu(MI)

MEDIASI kedua antara mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang digelar Bawaslu RI tak membuahkan hasil. Irman pun meneruskan laporannya setelah dicoret KPU RI dari daftar calon tetap (DCT) Pemilu Legislatif DPD RI 2024 ke proses persidangan.

"Ajudikasi hari Senin (13/11)," aku Irman saat ditemui di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (10/11).

Ia mengaku proses mediasi antara pihaknya dan KPU RI berjalan baik. Kedua belah pihak sudah menyampaikan pandangan satu sama lain. Irman juga mengatakan dirinya menghargai proses tersebut.

Baca juga :  Dicoret dari DCT Pemilu, Irman Gusman Gugat KPU ke Bawaslu

Diketahui, KPU RI mencoret nama Irman dari DCT karena belum melewati masa jeda 5 tahun usai bebas dari tahanan. Irman merupakan mantan terpidana kasus suap impor gula Perum Bulog yang baru bebas pada tanggal 26 September 2019.

Baca juga : Masyarakat Terjerat Pinjol Makin Banyak, LaNyalla: Kesulitan Ekonomi atau Fenomena Lain?

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari enggan berkomentar banyak terkait proses sengketa yang dilaporkan Irman. Namun, ia menanggapi gugatan terhadap KPU RI ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat oleh tiga aktivis 98, yakni Petrus Hariyanto, FIrman Tendry Masengi, dan Azwar Furgudyama.

Mereka menggugat KPU RI hari ini karena menerima pendaftaran putra sulung Presiden Joko Widodo sekaligus Wali Kota Surakarta sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto pada 25 Oktober 2023 lalu.

"KPU sudah mendapatkan panggilan sidang ya, sehingga nanti, putusan panggil nanti akan kita hadiri, proses-proses persidangan di sana," kata Hasyim.

Terpisah, anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, tiga bakal pasangan capres-cawapres telah dinyatakan memenuhi syarat setelah dokumen pendaftarannya diverifikasi administrasi. Pihaknya hanya tinggal menetapkan tiga pasangan tersebut sebagai capres-cawapres pada Senin (13/11).

Selain Prabowo-Gibran, dua pasangan lainnya adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat