visitaaponce.com

Kerap Mangkir, Firli Bahuri Turunkan Wibawa Kepolisian

Kerap Mangkir, Firli Bahuri Turunkan Wibawa Kepolisian
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan dalam konferensi pers(MI / Adam Dwi)

PENGAMAT kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menyebutkan penyidik dari Polda Metro Jaya tidak bisa berbuat banyak jika Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri kembali mangkir dari panggilan pemeriksaan kasus dugaan pemerasan SYL. Dirinya meminta Polisi bisa mengumpulkan alat bukti lain.

Ia mengatakan, pemeriksaan FB saat ini masih sebagai saksi terlapor. Terlapor yang tidak kooperatif akan menghambat pemeriksaan.

"Makanya, penyidik yang profesional bekerja untuk mengumpulkan alat bukti yang lain, dan tidak tergantung pada alat bukti berupa kesaksian terlapor, yang tentunya memiliki hak ingkar," ujarnya saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (15/11).

Baca juga : Polda Metro Enggan Tanggapi Kebohongan Firli Bahuri

Oleh karena itu, dengan dapatnya alat bukti yang cukup sesuai KUHAP, peningkatan status FB menjadi tersangka bisa segera dilakukan.

Baca juga : Firli Mengaku Sambangi Dewas KPK Kemarin, Albertina Ho: Saya Tidak Bertemu

"Bila kepolisian tidak memiliki alat bukti yang cukup, sebaiknya juga segera mengeluarkan SP3 untuk memastikan status terlapor," jelasnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan polisi saat ini terkesan tidak memiliki wibawa. Menurutnya, FB dengan leluasa mengatur kepolisian yang akan memeriksa dirinya.

"Makanya itu perlu ketegasan penegak hukum. Dimana letak wibawa penegak hukum bila, terlapor bisa mengatur," ujarnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat