visitaaponce.com

Hadiri Ijtima Ulama 2023, Anies-Cak Imin Digandeng di Panggung

Hadiri Ijtima Ulama 2023, Anies-Cak Imin Digandeng di Panggung
Anies Baswedan dan Cak Imin digandeng di acara pembukaan Ijtima Ulama 2023(MI/Dede Susianti)

PASANGAN Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 1 yang diusung Partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan (Partai NasDem, PKS dan PKB) Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menghadiri pembukaan Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional di Aula Khodijah, Komplek Majelis Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/11).

Anies tiba lebih dulu sekitar pukul 08.20 WIB, disusul Cak Imin yang datang sekitar pukul 09.00 WIB. Anies dan Cak Imin mengenakan pakaian seragam kemeja putih dan peci hitam.

Pasangan yang disingkat Amin ini disambut dengan takbir. Berdasarkan pantauan, Amin bersalaman dengan para ulama dan tokoh nasional kemudian duduk di kursi paling depan.

Baca juga: Anies Baswedan Dicekal, UGM Hanya Beri Sewa Tempat, Panitia Diancam

Hadir diantaranya tokoh nasional Muhyidin Junaedi yang juga penanggung jawab Ijtima Ulama 2023, Habib Muhammad Al Athos, KH Muhammad Abdul Syukur selaku pembina Az Zikra.

Kemudian Ketua Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Yusuf Martak, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi, hingga Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid.

Baca juga: Anies Baswedan Dicekal UGM? Netizen: Kampus sedang Tidak Baik-Baik Saja

Dalam sesi foto bersama, pasangan Amin ini digandeng. Mereka berdiri saling bergandengan.

Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional yang bertajuk Menentukan Arah Perjuangan Umat Islam Menuju Pembaharuan Indonesia yang Lebih Baik itu membahas dua hal.

"Ijtima ulama ini yang akan membahas dua komisi yaitu keumatan dan politik akan menghasilkan rumusan-rumusan yang bermanfaat untuk umat, agama, bangsa dan negara yang kita cintai ini," kata Slamet Maarif Ketua Panitia Ijtima Ulama 2023.

Dia menjelaskan pada perhelatan Ijtima Ulama 2023 ini pesertanya terpaksa dipangkas. Dia menyebut yang hadir saat itu sebanyak 600 orang dari 24 provinsi yang ada di Indonesia.

"Untuk peserta terpaksa kami memangkas jumlahnya dari Ijtima sebelumnya. Kami hanya menghadirkan 600 peserta dr 24 provinsi yang ada di d Indonesia. Diantaranya Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Jawa. Mereka biaya sendiri, bayar penginapan,ongkos sendiri. Semoga pengorbanan ini dibalas sebaik- baiknya,"ungkapnya.

Adapun yang menjadi pertimbangan dipilihnya Az Zikra sebagai tempat diselenggarakannya Ijtima Ulama 2023, karena ada sejarah perjuangan antara Az Azikra dan Capres Anies.

"Pertimbangan kami memilih tempat ini sebagai perhelatan ijtima, karena menyadari betul bahwa tempat ini merupakan bagian sejarah perjuangan umat Islam Indonesia dan pendiri. Menjadi salah satu ikon utama tegak lurus meneggakan amar maruf nahi mungkar,"ungkap Slamet.

Bahkan dia menyebut di tanggal yang sama yaitu 18 November tahun 2006, Anies hadir dalam zikir bersama dengan Arifin Ilham. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat