visitaaponce.com

TNI AU Proses Evakuasi Bangkai Pesawat Super Tucano Sulit, Butuh Waktu Sebulan

TNI AU: Proses Evakuasi Bangkai Pesawat Super Tucano Sulit, Butuh Waktu Sebulan
Warga berada di dekat bangkai pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI AU yang mengalami kecelakaan di Pasuruan, Jawa Timur.(Antara)

DUA pesawat terbang TNI Angkatan Udara ( TNI AU) jatuh saat latihan rutin, pada Kamis (16/11). Lokasi kecelakaan di kawasan Gunung Bromo tepatnya di Puspo, Pasuruan, Jawa Timur. Kecelakaan dua pesawat tempur taktis milik tersebut milik TNI-AU jenis Super Tucano dengan nomor registrasi TT-3103 dan TT-3111. Sebelumnya, beberapa tahun yang lalu Super Tucano TT-3108 juga jatuh di Malang.

Wakasau Marsdya TNI Gustaf Brugman mengakui proses evakuasi cukup sulit. Bahkan, lanjut Gustaf, butuh waktu satu bulan untuk melakukan evakuasi secara menyeluruh.

“Jadi memang cukup susah evakuasinya, cukup curam. Jadi memang berkabut kemudian dari jalan raya,” ungkap Gustaf, Kamis (23/11).

Baca juga: TNI AU akan Evaluasi Prosedur Latihan Terbang

Gustaf pun berterima kasih kepada masyarakat yang berada di sekitar lokasi jatuhnya pesawat karena telah tulus membantu jalannya proses evakuasi.

“Sampai ketemu semuanya terutama voice data recorder-nya itu ketemu semua cuma untuk membaca nanti itu puing-puingnya kita lagi usahakan,” terangnya.

Baca juga: TNI AU Bentuk Tim Investigasi untuk Usut Jatuhnya Super Tucano

Adapun isi dari perekam data penerbangan atau Voice and Data Recorder (DAVR) akan dikirim ke Brasil untuk diselidiki.

“Mudah-mudahan dengan voice data recorder segala macam itu lebih banyak membantu banyak membantu. Kemarin di radar misalnya di tangkapan radar Surabaya mudah-mudahan segera terungkap ya,” tandasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat