visitaaponce.com

Wibawa KPK Runtuh Akibat Ulah Firli, Perubahan UU KPK Bisa Jadi Solusi

Wibawa KPK Runtuh Akibat Ulah Firli, Perubahan UU KPK Bisa Jadi Solusi
Gedung Merah-putih KPK(MI/Susanto)

PRAKTIK koruptif yang dilakukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meruntuhkan semua harapan dan kepercayaan publik terhadap upaya pemberantasan korupsi khususnya oleh KPK. 

Menurut mantan pimpinan KPK, Saut Situmorang, tidak mudah untuk memperbaiki jejak lancung yang diwariskan Firli. Selain mencari pengganti Firli, perubahan UU KPK yang sekarang berlaku juga menjadi kunci mengembalikan taring KPK.

"Masih sangat tergantung siapa yang menggantikan. Kita masih tinggu nantinya seperti apa tapi kalau undang-undangnya masih yang sekarang, maka kita hanya bisa berharap tokoh perubahan yang bisa mengubah UU. UU KPK dulu yang menjadi kunci," ujarnya, Jumat (24/11).

Dia menilai dari empat pimpinan KPK yang tersisa sekarang harus ditentukan berdasarkan perbandingan skornya. Namun bisa saja dimunculkan figur pengganti yang berasal dari eksternal KPK meski kecil kemungkinan untuk terpilih.

"Orang (pimpinan) yang sekarang ada kalau mereka setara akan seimbang artinya tentunya di-voting 4 lawan 1 Firli kalah. Tapi kami tidak berharap banyak dari yang (pimpinan) yang sekarang ini kalau Firli diganti kita tidak tahu bagaimana," tukasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat