visitaaponce.com

Anies Dengar Petani Jawa Barat Soal Kesulitan Menghadapi Cuaca Ekstrem

Anies Dengar Petani Jawa Barat Soal Kesulitan Menghadapi Cuaca Ekstrem
Anies mendengarkan keinginan petani di Pengalengan, Jawa Barat(Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez )

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan tengah mendengar keluhan dan harapan petani holtikultura se-Pengalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Anies mendengarkan keinginan petani untuk ditambah asupan mengenai perkembangan teknologi pertanian untuk menghadapi cuaca ekstrem.

"Kita perlu adanya teknologi untuk mensiasati bagaimana petani bisa bertani ketika cuaca ekstrem," kata pendamping petani swasta Kabupaten Bandung, Hisyam, di lokasi, Rabu (29/11).

Hal itu penting karena petani membutuhkan wawasan baru. Sehingga, hasil panen mereka tak terganggu.

Baca juga: Anies Nilai Kendaraan Listrik Efisien di Transportasi Umum

Petani juga mengharapkan adanya perubahan di beberapa kebijakan sektor pertanian. Perubahan terkait dengan impor pupuk, kebijakan pupuk subsidi, pengajuan KUR untuk pertanian, dan pemerataan alat mesin pertanian (Altisan).

Selain itu, para petani juga meminta adanya pelatihan yang dilakukan pascapanen, seperti packing sayuran. Sehingga, hasil pertanian Pangalengan yang dikirim ke luar daerah masih segar.

Baca juga: Anies-Muhaimin Bidik 50% Suara di Jawa Timur

“Perlu adanya pelatihan pasca panen, artinya apa 30% semacam ini (sayur) pak, ketika dikirim ke pasar itu jadi sampah. Jadi permasalahan sampah di perkotaan. Tapi kalau kita packing di sini, grading di sini, kita kirim ke pasar, itu sudah layak jual dan layak konsumsi,” jelas Hisyam.

Terhadap semua aspirasi itu, Anies siap menampung keinginan petani. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan mengkaji.

“Mengenai ide untuk bagaimana pengepakan dan lain-lain dikerjakan, saya sudah catat semua, juga soal alat Alsintan ya kita catat itu, mudah-mudahan ini jadi bahan untuk perbaikan ke depan,” ujar Anies.

Anies memulai kegiatan kampanye hari kedua di Kabupaten Bandung. Sambil memakai topi caping, ia juga menyempatkan untuk memanen kol bersama kelompok petani holtikultura se-Pengalengan. (Z-10)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat