visitaaponce.com

Mahfud MD Pejabat Dapat Sorotan Negatif dari Publik Harus Mundur

Mahfud MD: Pejabat Dapat Sorotan Negatif dari Publik Harus Mundur
Menko Polhukam Mahfud MD(Antara)

MENKO Polhukam Mahfud MD menyebut pejabat baik di tingkat menteri hingga ASN yang mendapat sorotan negatif dari publik atau terlibat kasus hukum seharusnya mengundurkan diri dengan legawa. Hal itu merupakan etika moral yang terkandung dalam Pancasila.

"Pejabat publik yang kebijakannya mendapat sorotan negatif dari publik harus mau mengundurkan diri dari jabatannya," ujar Mahfud saat membawakan orasi ilmiah dalam acara Dies Natalis Universitas Bung Karno (UBK), Kamis (30/11).

Mahfud menegaskan bahwa terkait etika moral sebenarnya sudah diatur dalam TAP MPR RI 6/2021. Aturan itu masih berlaku hingga saat ini, akan tetapi para pejabat atau ASN sering berlindung dalam aturan asas praduga tak bersalah.

Baca juga : Ketua KPK Firli Bahuri dan Wamenkumham Tersangka Korupsi, Anies: Segera Sahkan RUU Perampasan Aset

Meski menyampaikan orasi terkait etika moral, Mahfud mengakui bahwa hal itu bukan untuk menyindir Ketua KPK dan Wakil Menkumham yang tersandung kasus hukum. Menurutnya, sejak awal era reformasi sudah banyak pejabat atau ASN yang tidak mematuhi nilai-nilai Pancasila yang mengandung etika dan moral dalam berbangsa dan bernegara.

"Ndak ada sindiran, kan banyak bukan hanya Ketua KPK, kan banyak selama ini sejak jaman reformasi kan banyak yang begitu-begitu. Itu kepada pejabat semuanya dan kepada ASN semuanya, kan itu aturannya," tegasnya.

Baca juga : Wamenkumham Masih Aktif Meski Jadi Tersangka Dugaan Gratifikasi, Presiden : Tanya KPK

Mahfud mengatakan bahwa dirinya sengaja memberi kuliah umum menyangkut pancasila dan segala nilai hukum dan non hukumnya, serta hukum-hukum dalam pandangan Bung Karno yang progresif. Bung Karno menjadi teladan dalam bidang hukum dan non hukum, salah satunya terkait hukum progresif atau mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan.

"Kalau nilai-nilai Pancasila itu kita ikuti, baik yang hukum maupun nilai-nilai non hukum maka hidup kita ini akan tertib damai dan insyaallah makmur. Karena di situ juga orang dianjurkan untuk beribadah dengan baik, melaksanakan ajaran agamanya dengan baik. Tapi itu bukan hukum, itu adalah nilai yang diajarkan oleh Pancasila," tandasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat