visitaaponce.com

Peradi Konstitusi Menyatakan UU Advokat Single Bar

Peradi: Konstitusi Menyatakan UU Advokat Single Bar
Try Out Ujian Profesi Advokat (UPA) Gelombang II 2023(Dok. DPC Peradi Jakbar)

PERHIMPUNAN Advokat Indonesia (Peradi) di bawah Ketua Umum Otto Hasibuan merupakan satu-satunya organisasi profesi advokat sesuai UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Organisasi ini juga diakui dunia internasional.

Ketua DPC Peradi Jakarta Barat Suhendra Asido Hutabarat menegaskan itu saat membuka Try Out Ujian Profesi Advokat (UPA) Gelombang II 2023 secara daring dari Cebu, Filipina, Sabtu (2/12). Kegiatan ini untuk mempersiapkan para calon advokat mengikuti ujian utama yang akan dihelat DPN Peradi pada 16 Desember mendatang.

“Dalam forum Asia Probono Conference 2023 saya bertemu beberapa lawyer asing. Ketika saya memperkenalkan diri dari Peradi Otto Hasibuan, mereka mendengarkan apa yang terjadi saat ini di Indonesia, adanya disobedience terhadap konstitusi, yang mana konstitusi pada dasarnya sudah menyatakan UU Advokat itu single bar, Peradi,” ujarnya.

Baca juga: Kuasa Hukum Firli Klaim Polisi tidak Bisa Tunjukkan Dompet yang Disita

Asido mengungkapkan, para peserta forum tersebut juga mengikuti soal kondisi bahwa di Indonesia, seperti multibar dengan adanya 'Peradi-Peradi' lain meski dalam UU Advokat tegas sistemnya adalah wadah tunggal.

“Saat menyampaikan saya delegasi dari Peradi Otto Hasibuan mereka sangat mengapresiasi dan ada dari bar (wadah advokat) Malaysia yang mengatakan, 'Itu ori (original)'. Kemudian saya katakan betul kami yang original."

Ujian uji coba yang dihelat secara hybrid ini membahas secara detail mengenai teknis UPA, mulai dari perlengkapan yang harus dibawa, yakni KTP, pensil, pulpen, penghapus, kartu ujian, hingga materi-materi yang kemungkinan akan keluar dalam UPA.

Asido menyampaikan, try out UPA digelar agar calon advokat yang telah mengikuti pendidikan khusus profesi advokat (PKPA) DPC Peradi Jakbar maupun DPC Peradi lainnya benar-benar siap mengikuti UPA. “Saya sangat berharap semua peserta UPA bisa dapat lulus. itu harapan kami,” katanya.

Ia mengaku sangat ingin hadir secara luring atau offline. Namun, karena ada tugas menghadiri Asia Probono Conference 2023 di Filipina, ia terpaksa membuka acara try out secara daring. “Peradi selalu diundang di acara-acara di dunia internasional. Kita juga satu-satunya organisasi advokat di Indonesia yang diakui di  International Bar Association (IBA), POLA, Law Asia, dan organisasi advokat internasional lainnya,” tandasnya. (J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat