visitaaponce.com

Wapres Banyak Cara agar Produksi Pertanian Tetap Tinggi

Wapres: Banyak Cara agar Produksi Pertanian Tetap Tinggi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin(MI )

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin mengakui apabila sektor pertanian di Indonesia terus mengalami kemunduran dibandingkan 10 tahun sebelumnya. Ma’ruf kemudian meminta pemerintah menjalankan sejumlah kebijakan agar hasil pertanian tetap tinggi.

“Apabila kebijakan ini dijalankan, sektor pertanian tidak mengalami masalah seperti sekarang,” katanya usai peluncuran Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2004 di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Selasa.

Ma’ruf menjelaskan, dengan semakin menurunnya luasan lahan pertanian, pemerintah mau tidak mau harus melakukan intensifikasi pertanian yaitu dengan memperbaiki pengairan tersier dan premier. “Dengan adanya perbaikan pengairan, hasil pertanian suatu lahan tetap tinggi walaupun luasannya tidak besar,” ujarnya.

Baca juga: Minim Cuan, Anak Muda Ogah Jadi Petani

Selain itu, tambah Ma’ruf, sektor ini perlu melakukan mekanisasi mulai dari proses penanaman, penggarapan, dan panen sehingga prosesnya bisa cepat. “Apabila terus bisa ditanami bisa satu tahun tiga kali,” ungkapnya.

Ma’ruf juga meminta adanya diversifikasi tanaman pangan dalam pengembangan sektor pertanian. Pengembangan ini perlu dilakukan agar suatu tidak terjebak dengan satu jenis tanaman pangan saja.

Baca juga: BPS Sebut Usaha Pertanian Menurun, Ini Nih Biang Keroknya 

Terakhir, Ma’ruf meminta ekstensifikasi lahan pertanian yang ada dan menghindari adanya penggunaan lahan pertanian untuk peruntukan lain. Sehingga jumlah luas lahan pertanian tidak terlalu berkurang akibat konversi lahan. “Dalam hal ini saya mengapresiasi apa yang dilakukan Sultan HB X di Yogyakarta yang minta bupati mengganti lahan pertanian yang dikonversi,” ujarnya. (Che/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat