visitaaponce.com

Bawaslu Tidak Masalah Cawapres Ditemani Capres saat Debat

Bawaslu: Tidak Masalah Cawapres Ditemani Capres saat Debat
Ketua KPU Hasyim Asyari bersama para pasangan calon presiden dan wakil presiden.(MI)

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tidak mempermasalahkan jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyandingkan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam satu panggung saat debat nanti. Pasalnya, pengaturan format debat capres-cawapres menjadi kewenangan KPU bersama tim pasangan calon masing-masing.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menekankan bahwa Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu hanya mengatur debat capres-cawapres digelar sebanyak lima kali. Adapun, soal komposisi berapa kali capres dan cawapres ataupun bagaimana konsepnya, itu diatur di dalam Peraturan KPU.

"Mau didampingi atau tidak, monggo, terserah, karena itu tidak ada aturan yang mengikat di undang-undang," kata Bagja saat dikonfirmasi, Rabu (6/12).

Baca juga: Wapres Imbau KPU Formulasikan Debat Cawapres tanpa Didampingi

Baginya, yang tidak boleh dilakukan KPU adalah menghilangkan agenda debat cawapres. Sebab, UU Pemilu telah memandatkan adanya debat.

Menurut Bagja, Bawaslu telah bersurat ke KPU sebagai bentuk pengingat bahwa penyelenggaraan debat capres-cawapres pada Pilpres 2024 harus sesuai dengan UU Pemilu. "Kami mengingatkan saja kepada KPU agar kembali kepada undang-undang," tandasnya.

Baca juga: Soal Asam Sulfat, Airlangga Hartarto: Masih Banyak Forum untuk Gibran

KPU sendiri telah mengagendakan lima kali pelaksanaan debat dimulai dari 12 Desember 2023 hingga 4 Feebruari 2024.

Rencananya, KPU akan menyandingkan capres-cawapres dalam satu panggung selama lima kali debat tersebut. Namun, porsi bicara terbanyak tetap berada pada capres atau cawapres, tergantung agenda debat. Namun, format seperti itu masih akan dibahas dan dimatangkan lagi.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya bakal menggelar rapat lanjutan dengan tim kampanye capres-cawapres pada siang ini. "Rencana pembahasan format debat, tema debat, panelis, dan moderator." (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat