visitaaponce.com

Anies Ingin Bentuk Badan Penanganan Kawasan Urban

Anies Ingin Bentuk Badan Penanganan Kawasan Urban
Anies ingin membentuk badan penanganan kawasan urban sebagai rujukan pemerintah daerah untuk membangun perkotaan berorientasi masa depan.(Medcom/Fachri)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan ingin membentuk badan penanganan kawasan urban sebagai rujukan pemerintah daerah untuk membangun perkotaan berorientasi masa depan.

"Kami berencana untuk membuat sebuah badan khusus penanganan urban. Sebab, hari ini ibu bapak jadi wali kota maka bapak ibu tidak punya rujukan di pemerintah pusat, kepada siapa harus bertanya tentang pembangunan kota, kepada siapa harus bertanya tentang bagaimana kota yang disebut sebagai liveable city," kata Anies di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) 2023 dikutip dari YouTube MTI, Rabu (6/12) malam.

Anies mengatakan pengalamannya menjadi Gubernur DKI Jakarta mencermati bagaimana wali kota belajar sendiri soal tata kelola di wilayah administrasinya. Pemerintah pusat tak memberikan panduan secara utuh.

Baca juga: Anies Janjikan Bangun Tempat Pengolahan Ikan untuk Para Nelayan

"Saya pernah mengelola kota Jakarta dan saya tahu persis bila ada wali kota yang mengelola kotanya dengan benar yaitu karena dia belajar sendiri. Tapi bukan karena guide line dari pemerintah pusat," jelas Anies.

Ia juga menyoroti kehadiran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tetapi tak punya badan khusus yang menangani mengenai kawasan urban. Anies berencana membentuk badan itu disamping mengembangkan tranportasi umum dan tata ruang kota yang cocok untuk kaum urban.

Baca juga: Anies Disebut tidak Punya Sejarah Bagi-Bagi Jabatan

"Ada juga rencana untuk membuat kawasan urban yang memiliki ketangguhan yang kuat dan merujuk kepada yang disebut dengan liveable city dan konsep ini, liveable city ini, ada aspek sustainability-nya, otomatis," jelas Anies. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat